Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Buka Suara tapi Tak Konfirmasi Kematian Yahya Sinwar

Kelompok bersenjata yang menguasai Jalur Gaza, Hamas akhirnya buka suara terkait kematian Kepala Biro Politiknya, Yahya Sinwar.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Hamas Buka Suara tapi Tak Konfirmasi Kematian Yahya Sinwar
dok.
IDF berupaya menghasut warga Palestina lewat sayembara bagi siapa saja yang bisa memberi tahun bos baru Hamas, Yahya Sinwar. Kelompok bersenjata yang menguasai Jalur Gaza, Hamas akhirnya buka suara terkait kematian Kepala Biro Politiknya, Yahya Sinwar. Seorang pejabat yang berbicara menegaskan kalau Hamas tidak dapat dilenyapkan dengan terbunuhnya para pemimpinnya 

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok bersenjata yang menguasai Jalur Gaza, Hamas akhirnya buka suara terkait kematian Kepala Biro Politiknya, Yahya Sinwar.

Sinwar terbunuh dalam operasi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza pada Kamis (17/10/2024), Al Jazeera melaporkan.

Seorang pejabat yang berbicara menegaskan kalau Hamas tidak dapat dilenyapkan dengan terbunuhnya para pemimpinnya

Meski akhirnya ada yang angkat bicara di kelompok itu, tetapi pejabat itu tidak mengonfirmasi kematian pemimpinnya, Yahya Sinwar.

"Hamas adalah gerakan pembebasan yang dipimpin oleh orang-orang yang mencari kebebasan dan martabat, dan ini tidak dapat dihilangkan," kata Anggota senior biro politik Hamas, Basem Naim kepada AFP.

Dalam sebuah pernyataan, ia mencantumkan beberapa pemimpin Hamas yang terbunuh di masa lalu.

Ia menyebut kematian mereka telah meningkatkan popularitas kelompok tersebut.

BERITA REKOMENDASI

"Tampaknya Israel percaya bahwa membunuh para pemimpin kami berarti akhir dari gerakan kami dan perjuangan rakyat Palestina," kata Naim.

"Hamas semakin kuat dan populer, dan para pemimpinnya menjadi ikon bagi generasi mendatang untuk melanjutkan perjalanan menuju Palestina yang merdeka," paparnya.

Perang Israel-Hamas

Berikut ringkasan perkembangan terkini perang Israel-Hamas:

Baca juga: Terungkap Yahya Sinwar Tewas Kena Pecahan Peluru Tank Merkava Mark 4 dan Rudal Matador IDF

1. Hizbullah mengatakan pihaknya memasuki fase baru dalam perang melawan pasukan Israel yang menyerang, dan menambahkan bahwa pihaknya telah memperkenalkan senjata baru.

2. Militer Israel mengatakan mereka telah menewaskan para pejuang yang menyeberang dari Yordania ke selatan wilayah Laut Mati.


3. Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan 45 orang tewas dan 179 orang terluka dalam serangan di seluruh negeri pada hari Kamis.

4. Tentara Israel mengklaim telah membunuh Mohammad Hussein Ramal, seorang komandan Hizbullah di Lebanon selatan dalam serangan udara.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas