Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Profil Khaled Meshaal, Pemimpin Sementara Hamas Gantikan Yahya Sinwar yang Diduga Dibunuh Israel

Berikut profil Khaled Meshaal yang disebut menjadi pemimpin sementara Hamas menggantikan Yahya Sinwar yang diklaim Israel telah terbunuh.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Profil Khaled Meshaal, Pemimpin Sementara Hamas Gantikan Yahya Sinwar yang Diduga Dibunuh Israel
Anadolu Agency
Khaled Meshaal. Dia disebut menjadi pemimpin sementara Hamas menggantikan Yahya Sinwar yang diklaim Israel telah berhasil dibunuh dalam suatu serangan di Gaza pada Kamis (16/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Tokoh Hamas, Khaled Meshaal, disebut menggantikan Yahya Sinwar sebagai pemimpin kelompok militan Palestina tersebut.

Diketahui, Yahya Sinwar diklaim oleh Israel telah terbunuh akibat salah satu serangan yang dilancarkan ke Gaza pada Kamis (17/10/2024) kemarin.

Terkait hal ini, Hamas belum memberikan pernyataan resmi.

Namun, berdasarkan pemberitaan dari media Lebanon, LBCI, pimpinan Hamas telah mengonfirmasi kepada para pejabat di Turki, Qatar, dan Mesir, bahwa Yahya Sinwar memang sudah meninggal dunia buntut serangan Israel.

"Pimpinan Hamas menginformasikan kepada para pejabat Turki, Qatar, dan Mesir mengenai kematian kepala biro politiknya, Yahya Sinwar, dalam operasi Tel al-Sultan."

"Hamas menekankan bahwa setelah pembunuhannya, negosiasi untuk pertukaran tawanan dan penghentian perang akan menjadi semakin sulit dan semakin kompleks," demikian ditulis oleh media tersebut.

Selain itu, meninggalnya Yahya Sinwar juga disebut turut dibahas dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dan Perdana Menteri (PM) serta Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani.

BERITA REKOMENDASI

Lalu seperti apa profil Khaled Meshaal?

Baca juga: Foto Barang Yahya Sinwar yang Disita Israel, Ada Buku Doa, Tasbih, Senapan

Profil Khaled Meshaal

Dikutip dari Britannica, Khaled Meshaal merupakan sosok kelahiran Silwad, Tepi Barat pada 28 Mei 1956 atau saat ini berusia 68 tahun.

Dia dikenal sebagai politikus Palestina dan sempat diasingkan dari tahun 1996-2017 ketika menjabat sebagai Kepala Biro Politik Hamas.

Lalu, pada tahun 2021, dia ditunjuk untuk menjadi Kepala Kantor Hamas untuk pengungsi dan orang buangan Palestina.


Kemudian, setelah tewasnya pimpinan Hamas sebelum Yahya Sinwar, Ismail Haniyeh pada tahun 2024, Khaled Meshaal menjadi pejabat Hamas paling senior di luar Jalur Gaza.

Sebelum menjadi pejabat senior Hamas, masa kecil Meshaal dihabiskan dengan berpindah-pindah negara.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas