Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Robot Mahasiswa ITB Lolos 100 Besar Electrolux Design Lab

Sementara anak-anak tidur, makan dan bermain, OWL menjaga udara tetap sehat dalam ruangan

Penulis: Eko Sutriyanto
zoom-in Robot Mahasiswa ITB Lolos 100 Besar Electrolux Design Lab
IST
OWL Air Controller, sebuah robot cerdas yang dilengkapi dengan sistem operasi. OWL dapat mengontrol kamar dalam rumah kecil karya mahasiswa ITB 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Arie Kurniawan, mahasiswa  Desain Produk Institut Teknologi Bandung(ITB) berhasil lolos babak 100 besar kompetisi desain global tahunan Electrolux Design Lab, menyisihkan 1.700 konsep desain dari seluruh dunia.

Arie Kurniawan menciptakan OWL Air Controller, sebuah robot cerdas yang dilengkapi dengan sistem operasi. OWL dapat mengontrol kamar dalam rumah kecil. Robot ini beroperasi seperti manusia maya yang dapat menjadi teman terbaik di rumah.

Sementara anak-anak tidur, makan dan bermain, OWL menjaga udara tetap sehat dalam ruangan.

Fitur kamera memungkinkan penggunanya untuk memantau dari jarak jauh apa yang sedang dilakukan oleh anak. Jika terhubung dengan koneksi internet atau WiFi melalui layar LCDnya, OWL mampu melakukan panggilan video.

Hendy Setiawan selaku Marketing Manager PT Electrolux Indonesia, Selasa (30/4/2013) mengatakan tahun 2012 lalu, Arie Kurniawan juga mampu menembus babak 80 besar Electrolux Design Lab 2012.

“Kami berharap desain Arie Kurniawan dapat terus maju hingga babak final sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di pentas kompetisi desain global," katanya.

Tema Electrolux Design Lab tahun ini adalah Inspired Urban Living, sebuah tema yang telah dipengaruhi oleh pertumbuhan 'urbanisasi', di mana ruang menjadi terbatas karena peningkatan jumlah penduduk dan perpindahan penduduk dari yang selama ini tinggal di perbatasan pedesaan ke daerah-daerah yang padat penduduk perkotaan.

BERITA REKOMENDASI

Dengan beberapa sub tema yaitu social cooking, natural air dan effortless cleaning. Pemenang dari kompetisi ini nantinya diharapkan dapat memberikan inspirasi solusi masa depan bagi kehidupan di perkotaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas