Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

3 Langkah Mudah Unduh Aplikasi Android di Nokia X

Nokia X menjadi jawaban mayoritas pengguna ponsel yang sejatinya menyukai produk Nokia tapi tidak dengan Windows Phone

Penulis: Fajar Anjungroso
zoom-in 3 Langkah Mudah Unduh Aplikasi Android di Nokia X
TRIBUNNEWS.COM/FAJAR
Nokia XL 

TRIBUNNEWS.COM, BARCELONANokia X menjadi jawaban mayoritas pengguna ponsel yang sejatinya menyukai produk Nokia tapi tidak dengan Windows Phone. Sebagian menilai, aplikasi yang berjalan di  sistem operasi buatan Microsoft belum sekaya Android.

Beruntung, Nokia X menjadi smartphone pertama dari Nokia yang menjalankan sistem operasi Android. Keluarga terbaru Nokia yang diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol, ini berjalan di OS versi 4.1.2 Jelly Bean atau yang disebut Nokia sebagai "Android Open Source Project" (AOSP).

Satu hal yang mesti diketahui, meski berjalan di OS Android, tapi Nokia mengebiri layanan Google di Nokia X. Artinya, pengguna tak bakalan menemui toko aplikasi Google Play Store, Gmail, ataupun Google Map.

Lalu pertanyaannya, bagaimana pengguna bisa mengunduh aplikasi Android ke Nokia X? Pertanyaan ini Tribunnews.com sampaikan kepada Ala-Laurila Juha, Head of Mobile Phone Business Nokia Asia Pacific. Dia lantas menjelaskan ada tiga cara mengunduh aplikasi Android ke Nokia X.

Lewat Nokia Store

Nokia Store adalah toko aplikasi resmi Nokia yang menyediakan daftar aplikasi Androd. Pengguna dapat langsung mengunduh aplikasi dari Nokia Store, sementara developer dapat langsung mengajukan file installer (APK) dari aplikasi mereka ke Nokia Store.

Toko aplikasi pihak ketiga

BERITA TERKAIT

Nokia menawarkan keleluasaan bagi pengguna Nokia X untuk mendapatkan aplikasi Android dari pihak ketiga, seperti dari Yandex. Pengguna tak perlu susah payah mencari toko aplikasi pihak ketiga ini karena Nokia sudah menyediakannya di Nokia Store.

Melalui aplikasi yang tertanam di kartu memori

Pengguna bisa mendapatkan aplikasi yang tersimpan di kartu memori mini SD Card. Caranya pun sederhana. Cukup mengaktifkan pilihan "allow installation of apps from unknown sources" di menu Setting dan mengunduh file APK ke memori ponsel. Hanya perlu diingat, sebaiknya unduhlah file APK dari sumber yang terpercaya. Maklum, banyak malware yang bergentayangan yang siap menginfeksi perangkat Android.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas