Kemenpora Gelar Pameran Perangkat Lunak di Universitas Bakrie
Kemenpora menggelar pameran nasional karya kreatif pemuda bidang teknologi informasi perangkat lunak di Universitas Bakrie.
Penulis: Fahdi Fahlevi
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemenpora menggelar pameran nasional karya kreatif pemuda bidang teknologi informasi perangkat lunak di Universitas Bakrie, Kompleks Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/9/2016).
"Pameran ini dilaksanakan dalam rangka memberikan wadah untuk gelar karya kreatif pemuda dan untuk meningkatkan partisipasi/peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara," ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Dra. Adiati Noerdin MA dalam sambutannya.
Dalam pelaksanaannya pihak Kemenporadibantu penyelenggaraannya oleh komunitas pemuda yang tergabung dalam anakmuda.net.
Pameran ini diikuti oleh expo karya kreatif pemuda sebanyak 15 stand/booth dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar.
Peserta expo karya kreatif pemuda tersebut meliputi: Ahlijasa, anakmuda.net, Boonda Convergence, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Bandung II, Mobilepulsa, Ojessy, Pivote, Playstory, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Jakarta II, Universitas Telkom, Universitas Islam Negeri Bandung, Urfarm, dan Virtual Reality.
Manfaat dari software yang dipamerkan diantaranya yaitu aplikasi e-Vote, I-waste untuk mengurangi dan menanggulangi masalah sampah, sampai dengan aplikasi software berbasis android untuk Ojek Online Khusus Wanita, Ojessy dan lain sebagainya.
Coacing Clinic untuk pemuda kreatif bidang TI Perangkat Lunak, akan diberikan materi tentang bagaimana membangun software mudah dan berpotensi, yang akan dipandu oleh Volantech Io Team dan anakmuda.net.
Coaching Clinic Software ditujukan untuk merangsang minat pemuda Indonesia untuk menjadi sosok yang kreatif khususnya di bidang TI perangkat lunak.
Selain itu untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan meningkatkan kemampuan pemuda khususnya pengembangan potensi, kreasi dan daya cipta pemuda untuk berinovasi didalam pengembangan perangkat lunak.