Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Dambakan Anak, Ini 5 Persiapan Kehamilan Yang Perlu Diperhatikan

Bagi calon ibu hamil, tentu membutuhkan nutrisi ibu hamil agar sukses mengandung si jabang bayi.

Editor: Content Writer
zoom-in Dambakan Anak, Ini 5 Persiapan Kehamilan Yang Perlu Diperhatikan
Shutterstock
Tidak hanya nutrisi ibu hamil, persiapan kehamilan juga meliputi persiapan mental dan finansial. 

TRIBUNNEWS.COM -  Bagi pasangan yang baru menikah, wajar apabila Anda mendambakan anak. Perlu diketahui, ada beragam persiapan kehamilan yang perlu diperhatikan. Mulai dari mengubah gaya hidup sehat dan didukung dengan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan janin.

Tak cuma itu, masih ada 5 persiapan kehamilan lainnya yang bisa Anda lakukan.

Catat jadwal ovulasi

Umumnya, masa subur dimulai 12-14 hari sebelum hari pertama haid. Karena berbeda-beda, penting bagi Anda untuk terus mencatat siklus menstruasi agar Anda bisa memperkirakan waktu ovulasi yang tepat.

Hindari stres

Bagi Anda yang sedang berencana hamil, hindari berpikir terlalu berat karena dapat mempengaruhi kesuburan. Apabila Anda merasa tidak bergairah dan mudah murung, kemudian sulit tidur dan tidak nafsu makan bisa jadi Anda mengalami gejala stres.

Sebaiknya hindari memendam perasaan. Cobalah bercerita pada suami Anda agar beban terasa lebih ringan. Atau, Anda bisa rehat sejenak dari pekerjaan dengan karaoke dan nonton film.

BERITA TERKAIT

Rajinlah olahraga, karena cara yang satu ini bisa membantu Anda untuk meredakan stres. Saat berolahraga, tubuh akan mengalami penurunan aktivitas saraf simpatik dan hypothalamic-pituitary-adrenal, yaitu sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk merespon stres dan menimbulkan perubahan fungsi tubuh akibat stres.

Miliki berat badan ideal

Tubuh yang terlalu gemuk dapat meningkatkan risiko sulit hamil karena dapat meningkatkan tingkat kesuburan. Pasalnya, perempuan obesitas memiliki kadar lemak yang tinggi dan membuat sistem hormon tidak stabil. Hal ini dapat membuat sel telur berkembang.

Begitu pula dengan Anda yang memiliki tubuh terlalu kurus. Maka dari itu, mulailah konsumsi nutrisi yang tepat agar tubuh ideal.

Berat badan ideal pada setiap orang berbeda-beda. Untuk mengetahui berapa ideal berat Anda, Anda silakan hitung dengan rumus berikut: tinggi badan (cm) – 100. Misal, jika Anda mempunyai tinggi badan 160 cm, maka tubuh ideal Anda adalah 60 kg.

Batasi kafein

Masih banyak yang tidak tahu kalau mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Wajarnya Anda hanya boleh mengkonsumsi kafein kurang dari 200 miligram per hari.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas