Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tips Cegah Stunting

Dambakan Anak, Ini 5 Persiapan Kehamilan Yang Perlu Diperhatikan

Bagi calon ibu hamil, tentu membutuhkan nutrisi ibu hamil agar sukses mengandung si jabang bayi.

Dambakan Anak, Ini 5 Persiapan Kehamilan Yang Perlu Diperhatikan
Shutterstock
Tidak hanya nutrisi ibu hamil, persiapan kehamilan juga meliputi persiapan mental dan finansial. 

TRIBUNNEWS.COM -  Bagi pasangan yang baru menikah, wajar apabila Anda mendambakan anak. Perlu diketahui, ada beragam persiapan kehamilan yang perlu diperhatikan. Mulai dari mengubah gaya hidup sehat dan didukung dengan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan janin.

Tak cuma itu, masih ada 5 persiapan kehamilan lainnya yang bisa Anda lakukan.

Catat jadwal ovulasi

Umumnya, masa subur dimulai 12-14 hari sebelum hari pertama haid. Karena berbeda-beda, penting bagi Anda untuk terus mencatat siklus menstruasi agar Anda bisa memperkirakan waktu ovulasi yang tepat.

Hindari stres

Bagi Anda yang sedang berencana hamil, hindari berpikir terlalu berat karena dapat mempengaruhi kesuburan. Apabila Anda merasa tidak bergairah dan mudah murung, kemudian sulit tidur dan tidak nafsu makan bisa jadi Anda mengalami gejala stres.

Sebaiknya hindari memendam perasaan. Cobalah bercerita pada suami Anda agar beban terasa lebih ringan. Atau, Anda bisa rehat sejenak dari pekerjaan dengan karaoke dan nonton film.

Rajinlah olahraga, karena cara yang satu ini bisa membantu Anda untuk meredakan stres. Saat berolahraga, tubuh akan mengalami penurunan aktivitas saraf simpatik dan hypothalamic-pituitary-adrenal, yaitu sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk merespon stres dan menimbulkan perubahan fungsi tubuh akibat stres.

Miliki berat badan ideal

Tubuh yang terlalu gemuk dapat meningkatkan risiko sulit hamil karena dapat meningkatkan tingkat kesuburan. Pasalnya, perempuan obesitas memiliki kadar lemak yang tinggi dan membuat sistem hormon tidak stabil. Hal ini dapat membuat sel telur berkembang.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Berita Terkait :#Tips Cegah Stunting

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas