Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Generasi Platinum

Bunda, Kenali Nutrisi dan Stimulasi Kecerdasan Anak

Bunda perlu mengetahui stimulasi kecerdasan anak agar ia menjadi generasi platinum yang unggul.Yuk, ketahui cara yang tepat untuk tumbuh kembang anak!

Bunda, Kenali Nutrisi dan Stimulasi Kecerdasan Anak
Shutterstock
Bunda perlu mengetahui stimulasi kecerdasan anak agar ia menjadi generasi platinum. 

TRIBUNNEWS.COM – Generasi platinum atau kita kenal dengan sebutan ‘Gen Z’ tumbuh dengan teknologi komunikasi yang sudah sangat maju. Mereka memiliki akses yang lebar untuk memanfaatkan teknologi sehingga Gen Z lebih produktif , multitalented dan siap menghadapi tantangan. Jika dipersiapkan dengan matang, generasi platinum akan unggul dengan kecerdasan majemuk.

Diantaranya kecerdasan akademis dan non-akademis, sekaligus kondisi fisik yang sehat, kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual.

Beberapa kecerdasan majemuk yang akan dimiliki adalah:

  • Kecerdasan linguistik. Kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu mengungkapkannya melalui kata-kata seperti berbicara, membaca atau menulis.
  • Kecerdasan matematis-logis. Kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, serta pola pemikiran logis dan ilmiah.
  • Kecerdasan visual. Kemampuan melihat suatu objek dengan detail.
  • Kecerdasan musikal. Kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan musik, irama, nada dan suara.
  • Kecerdasan kinestetik. Kemampuan menggabungkan gerakan fisik dan pikiran sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna.
  • Kecerdasan interpersonal. Kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain.
  • Kecerdasan intrapersonal. Kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri.
  • Kecerdasan naturalis. Kemampuan untuk mengerti alam lingkungan dengan baik, kemampuan untuk memahami dan menikmati alam, dan mengenali berbagai jenis flora fauna dan fenomena alam lainnya.
  • Kecerdasan spiritual. Kemampuan untuk merasakan keberagaman atau macam-macam seseorang.
(Shutterstock)

Untuk lebih siap menghadapi tantangan, saatnya mengenali stimulasi kecerdasan anak!

Berdasarkan penjelasan dr. Muliaman Mansyur, setidaknya Si Kecil harus memiliki 10 tanda di antaranya bertambahnya berat dan tinggi badan seusai usia, postur tubuh tegap dan otot padat, rambut berkilau dan kuat, kulit serta kuku bersih dan tidak pucat, wajah ceria, mata bening, dan bibir segar.

Kemudian gigi bersih dan gusi berwarna merah muda, nafsu makan baik dan buang air besar secara teratur. Tidak lupa Si Kecil juga harus bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur, penuh perhatian dan bereaksi aktif, serta memiliki waktu tidur yang cukup dan pulas.

Jelas untuk mencapai hal tersebut, banyak persiapan yang perlu dilakukan mulai dari pola asuh, perawatan kesehatan, nutrisi dan tentunya stimulasi kecerdasan anak yang sesuai. Disebutkan ada 4 komponen utama yang harus diperhatikan untuk pemenuhan nutrisi lengkap anak.

  • Nutrisi untuk Otak (brain care): Memegang peranan penting untuk pembentukan dan koneksi sel saraf otak. Ada 2 macam mutrisi yang dibutuhkan oleh otak yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro dibutuhkan dalam jumlah besar seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan nutrisi mikro dibutuhkan untuk membantu sel-sel saraf terhubung satu dengan lain. Laktosa, whey protein alfa laktalbumin, asam lemak essensial AA/DHA, omega3 dan 6 adalah contohnya. Sedangkan untuk nutrisi mikro untuk otak ini adalah folat, kolin, zat besi, dan iodium.
  • Nutrisi untuk daya tahan tubuh optimal (body defense): Memegang peran penting untuk menjaga anak tetap sehat, terhindar dari penyakit dan infeksi. Nutrisi yang dibutuhkan adalah semua komponen yang ada di ASI seperti protein immunoglobulin, laktoferin, nukleotida, dan bifidus factor.
  • Nutrisi untuk tumbuh optimal (body growth): memegang peran penting untuk pertumbuhan semua organ tubuh penting, tinggi dan berat badan yang optimal. Nutrisi yang dibutuhkan karbohidrat, lemak esensial, whey protein yang berkualitas seperti alfa laktalbumin, kalsium, fosfat, dan Vit D
  • Nutrisi untuk kesehatan saluran cerna: ini penting menjaga semua makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat diserap dengan baik, dan juga agar melindungi dari bakteri yang jahat supaya tidak berkembang di saluran cerna. Nutrisi yang dibutuhkan seperti Prebiotik: FOS-GOS-inulin-laktulosa, dan probiotik bifidobakterium yang memang dominan pada usus anak. Saat ini kombinasi 3 macam probiotik bifidobakterium yang dikernal dengan triple bifidus

Morinaga Platinum mencakup keempat nutrisi lengkap anak yang dikenal dengan MoriCare Zigma with Triple Bifidus. Susu khusus generasi platinum ini terdiri dari rasa madu dan vanilla sehingga pasti disukai Si Kecil.

(Kalbe Store)

Hal lain yang juga mendukung pembentukan generasi platinum adalah pengenalan kemampuan kecerdasan majemuk anak. Penting untuk Anda bisa tahu bagaimana cara stimulasi kecerdasan anak yang menonjol dari 9 jenis kecerdasan di atas.

Ada banyak cara mengetahui dan mengembangkan potensi anak, misal luangkan waktu untuk konsultasi ke psikologis anak atau dokter Anak Tumbuh Kembang, atau berikan ide bermain anak. Kini melalui situs Morinaga Multiple intellegence Play Plan, Kalbe Morinaga mencoba membantu screening dan mengenali serta menggali potensi anak dengan cara bermain, karena bermain merupakan suatu kegiatan yang disenangi oleh Si Kecil.

Pada website Morinaga MIPP (Multiple Intelligence Play Plan) orangtua akan diberikan pertanyaan yang dapat mengidentifikasi kecerdasan Si Kecil. Hasil yang dikeluarkan dapat memperlihatkan kecerdasan Si Kecil lebih condong ke arah mana, dan kecerdasan mana yang perlu di pertajam dengan stimulasi permainan yang menarik.

Pastikan Anda terus mengawasi potensi anak karena dalam waktu beberapa bulan saja, minat mereka mudah berubah. Dan yang terpenting adalah berikan stimulasi kecerdasan anak dan nutrisi lengkap anak untuk mempersiapkan Si Kecil menjadi Generasi Platinum yang siap menghadapi tantangan.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Generasi Platinum

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas