Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tips Cegah Stunting

7 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Bisa Atasi Mual dan Muntah

Rasa mual dan muntah yang sering menghampiri membuat Anda jadi malas makan dan menghambat masuknya nutrisi ke dalam tubuh.

7 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Bisa Atasi Mual dan Muntah
Shutterstock
Ternyata yogurt punya banyak manfaat untuk ibu hamil, khususnya untuk mengatasi rasa mual dan muntah. 

TRIBUNNEWS.COM – Di trimester awal, kondisi pilih-pilih makanan memang dirasakan hampir semua ibu hamil. Rasa mual dan muntah yang sering menghampiri membuat Anda jadi malas makan dan menghambat masuknya nutrisi ke dalam tubuh.

Susu ibu hamil bisa menjadi solusi karena mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang, serta menghindarkan janin dari perawakan pendek (stunting).

Masih merasa mual? Sebaiknya konsumsi yogurt dengan rasanya yang segar sehingga mengurangi mual dan muntah di pagi hari. Ditambah lagi, ada begitu banyak manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Mencegah cacat pada bayi

Kondisi cacat pada bayi sering terjadi karena kurangnya gizi ibu hamil, terutama pada asupan asam folat. Dengan minum 1 cup yogurt, Anda sudah mengonsumsi sekitar 18 mcg asam folat. Konsumsi secara rutin agar mencegah bayi mengalami masalah saraf dan motorik.

Menghindarkan Anda dari anemia

Salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi, yang berfungsi membentuk sel darah merah dan melancarkan oksigen ke seluruh tubuh. Pada ibu hamil, kebutuhan zat besi meningkat seiring pertumbuhan bayi. Konsumsi mineral ini dapat menghindarkan Anda dari anemia.

Meningkatkan stamina

Yogurt mengandung vitamin B6 yang tidak hanya meredakan rasa mual, tetapi juga bisa membantu meningkatkan stamina tubuh. Khusus ibu hamil, sebaiknya konsumsi 200 mg vitamin B6 per hari untuk mengobati mual di pagi hari.

kalbe-241019-1
Ilustrasi ibu hamil sedang berolahraga.

Sumber protein

Protein merupakan salah satu zat terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun jaringan-jaringan sel sehingga baik untuk perkembangan saraf otak janin. Setiap kandungan protwein dalam yogurt berbeda-beda. Pastikan untuk memilih greek yogurt dengan jenis kandungan protein tertinggi.

Kaya akan kalsium

Sama seperti susu, yogurt juga merupakan sumber kalsium terbaik. Kekurangan kalsium dapat memicu cacat saraf pada janin, bahkan menimbulkan masalah pada kesehatan tulang dan gigi di kemudian harinya. Pastikan konsumsi kalsium sekitar 256 mg per hari atau sama dengan 1 cup yogurt.

Yogurt mengandung vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin dengan mempertahankan level kalsium dan fosfor yang cukup. Dilansir Baby Center, vitamin D juga punya peran penting dalam sistem imun tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari yogurt.

Baik untuk sistem pencernaan

Meski telah melalui proses fermentasi, yogurt mengandung bakteri baik dan menyediakan asupan gizi omega-3 berlimpah. Omega-3 ini mendukung sistem pencernaan dan mampu memulihkan gangguan pencernaan dengan cepat.

Rajin mengonsumsi yogurt juga harus diimbangi dengan susu ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, PRENAGEN berinovasi melahirkan produk susu bubuk fermentasi (acidified milk) PRENAGEN yogurt strawberry blush.

kalbe-241019-2

PRENAGEN yogurt strawberry blush.

Rasanya yang sangat menyegarkan serta larut dalam air dingin dan dilengkapi kandungan Vit B6, protein, tinggi asam folat dan zat besi, tinggi kalsium dan sumber vitamin D, tinggi Omega-3, dan rendah lemak membuat PRENAGEN yogurt rasa strawberry blush mampu mengurangi rasa mual sekaligus memberikan dukungan nutrisi pada kehamilan.

Minum setiap hari, mual dan muntah pun teratasi dengan cepat.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Tips Cegah Stunting

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas