Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aktif Sampai Tua

5 Tips Kesehatan Lansia untuk Tingkatkan Imun di Tengah Pandemi

Adapun beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan imun tubuh lansia.

BizzInsight
5 Tips Kesehatan Lansia untuk Tingkatkan Imun di Tengah Pandemi
Shutterstock
Ikuti tips kesehatan lansia di bawah ini sebagai cara meningkatkan imun tubuh. 

TRIBUNNEWS.COM – Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, kesehatan lansia perlu diprioritaskan karena menjadi kelompok yang rentan terpapar virus Covid-19.  Berdasarkan ungkapan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo, pada Oktober lalu saja, angka kematian lansia akibat virus corona COVID-19 bisa mencapai 80 persen sampai 85 persen.

Hal ini disebabkan seiring bertambahnya usia karena organ-organ di dalam tubuh pun ikut menua. Pendek kata, sistem imun tubuh juga mengalami penurunan yang menyebabkan lansia memiliki risiko tinggi terpapar COVID-19 dan berbagai penyakit.

"Sama seperti Anda mungkin tidak dapat berlari secepat biasanya di usia 20-an, sistem kekebalan tubuh Anda juga tidak bekerja sebaik dulu," ujar Aaron E. Glatt, MD, Kepala Departemen Kedokteran di South Nassau Communities Hospitals.

Adapun beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan imun tubuh lansia.

Rutin berolahraga

Sejumlah studi menunjukkan bahwa rutin berolahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Khusus untuk orangtua, berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO), paling tidak habiskan total 75 menit dalam seminggu untuk melakukan aktivitas fisik.

Dilansir dari verywellfit, beberapa olahraga yang disarankan untuk orangtua di antaranya:

  • Jalan kaki - Berjalan kaki rutin setiap hari bisa mengurangi risiko sakit jantung, terutama bagi lansia yang berusia di atas 50 sampai 70 tahun.
  • Aerobik - Membantu para lansia untuk membakar kolesterol jahat dan menjaga kelenturan dan kesehatan sendi. Aerobik baik dilakukan untuk lansia berusia 50 tahun ke atas.
  • Yoga - Olahraga ringan seperti yoga amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat menyegarkan jiwa dan pikiran. Yoga cocok untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Berjemur sekitar 30 menit

Vitamin D sangat penting bagi kesehatan, terutama dalam mencegah osteoporosis. Selain minum susu tinggi kalsium, Anda bisa mendapatkannya dengan berjemur.

Para ahli menyarankan untuk berjemur setidaknya 5-10 menit sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Perlu diketahui, waktu berjemur yang aman dan sehat yaitu sebelum pukul 10 pagi. Selain itu, gunakan sunscreen sebagai pelindung kulit dari sinar UV supaya terhindar dari risiko kanker kulit.

Tidur dengan jadwal teratur

Tips kesehatan yang tak kalah penting bagi lansia adalah memiliki waktu tidur berkualitas. Sebuah riset dalam Journal of Experimental Medicine membuktikan tidur berkualitas membantu tubuh meningkatkan efektivitas respon sel T, yaitu sel yang berfungsi untuk melawan virus dan bekerja melindungi tubuh dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh yang paling maksimal.

tips kese tidur
Ilustrasi.

Lalu, berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan oleh lansia? Sama seperti orang dewasa muda, 7-8 jam adalah waktu ideal bagi lansia untuk memiliki waktu tidur berkualitas.

Berpikir positif

Tak hanya fisik, kesehatan mental juga sangat penting dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menghindari rasa stres, ajak lansia untuk melakukan hobinya. Misalnya menjahit atau berkebun. Anda juga bisa membelikan buku-buku kesukaannya. Kegiatan yang seru ini bisa menstimulasi otak dengan melepas hormon serotonin sehingga lebih bahagia dan ceria dalam menjalani hari-hari.

Perhatikan asupan nutrisi

Cara meningkatkan imun tubuh yang tak kalah penting adalah penuhi asupan gizi lansia. Hindarilah asupan yang bisa mengganggu kesehatan lansia, seperti kafein dan alkohol. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi, khususnya makanan yang tinggi protein dan serat, serta rendah laktosa.

dr. Martha dalam livechat bertema “Produktif di Usia Emas” yang digelar KALCare mengungkapkan protein berperan besar pada kesehatan lansia, karena berpengaruh pada massa otot dan tulang, otak, dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan serat baik untuk kesehatan usus yang semakin menurun.

Susu untuk lansia Entrasol Senior.
Susu untuk lansia Entrasol Senior. (dok. Kalcare)

Susu Entrasol Senior yang tinggi protein untuk mencegah penurunan massa otot, rendah laktosa, dan tinggi serat bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lansia. Hadir dalam dua varian rasa yaitu cokelat dan vanila, Entrasol Senior juga mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi pada lansia. Selain itu, Entrasol Senior juga dilengkapi dengan vitamin D untuk membantu menjaga imunitas tubuh.

Mulailah perbaiki kualitas hidup dengan beberapa tips kesehatan di atas, untuk mendapatkan sistem imun tubuh yang lebih kuat, terutama di masa COVID-19 ini. Sistem imun yang baik dapat menjaga lansia dari terpapar COVID-19.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas