Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Diet Gak Nyiksa

Capai Tubuh Ideal 2021, 5 Menu Sarapan Praktis Ini Bikin Diet Sukses!

Awal tahun adalah momen yang segar untuk mengejar resolusi tubuh ideal 2021. Jadi, seberapa idealkah tubuh kamu?

BizzInsight
Capai Tubuh Ideal 2021, 5 Menu Sarapan Praktis Ini Bikin Diet Sukses!
Shutterstock
Mencapai resolusi tubuh ideal 202, sarapan itu super penting lho! 

TRIBUNNEWS.COM - Awal tahun adalah momen yang segar untuk mengejar resolusi tubuh ideal 2021. Jadi, seberapa idealkah tubuh kamu? Untuk mengetahuinya bisa melalui indeks massa tubuh (IMT) Anda. Mengutip Health Hub, indeks massa tubuh diketahui berdasarkan berat badan dan tinggi badan.   

Cara menghitung berat badan ideal kamu adalah berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi kuadrat tinggi badan dalam satuan meter (tinggi badan dalam satuan meter x tinggi badan dalam satuan meter).  

Jadi, jika berat kamu 55 kilogram dan tinggi badan 1,60 meter, maka cara menghitung berat badan ideal seperti berikut: 55/(1,60x1,60) = 21,48. Berat badan ini tergolong ideal mengacu pada IMT di bawah ini:

●      IMT kurang dari 18,5 artinya kekurangan berat badan   

●      IMT 18,5 sampai 22,9 artinya berat badan ideal

●      IMT 23 sampai 27,4 artinya berat badan berlebih dan perlu waspada

●      IMT lebih dari 27,4 artinya obesitas dan berisiko terkena penyakit

Untuk mencapai berat badan ideal ini, mulailah berkomitmen mengatur pola makan yang sehat. Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah menu sarapan.

Sarapan yang sehat justru membantu menurunkan berat badan dengan cepat lho! Melansir MayoClinic, sarapan dapat membuat perut kenyang lebih lama, mencegah makan berlebihan, dan membuat tubuh lebih berenergi.  

Tak hanya itu, sarapan juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang merangsang pembakaran kalori lebih banyak. Jika kamu sedang diet, disarankan mengonsumsi 250 sampai 400 kalori sarapan. Berikut lima menu diet yang bisa kamu jadikan sebagai sarapan sehat!  

Telur dan roti panggang gandum

Roti panggang dengan telur.
Roti panggang dengan telur. (Shutterstock)

Mudah dan bergizi, kamu bisa meletakkan telur favoritmu di atas roti panggang sebagai sarapan! Telur ceplok, poached egg, atau telur orak-arik mengandung sekitar 72 kalori dan tambahan 37 kalori jika digoreng dengan minyak zaitun. Selain itu, terdapat 140 kalori dalam dua lembar roti gandum yang tinggi serat.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti selada, seledri, bayam,  maupun tomat untuk menambah nutrisi roti isi telurmu. Mudah, bukan?  

Oatmeal dan buah

Agar lebih bervitamin, tambah irisan buah ke dalam semangkuk oatmeal kamu.
Agar lebih bervitamin, tambah irisan buah ke dalam semangkuk oatmeal kamu. (Shutterstock)

Menu diet praktis lainnya adalah semangkuk oatmeal atau rolled oats instan mengandung 130 kalori (4 sendok makan). Kamu bisa menambah susu tanpa lemak 200 ml mengandung 87 kalori. Terakhir, untuk melengkapi oatmeal dengan vitamin, kamu bisa menambah irisan pisang, stroberi, atau buah kiwi.

Dengan sarapan ini, kamu bisa mendapatkan protein, vitamin, mineral, dan juga serat dari gandum yang bisa membantumu kenyang lebih lama.

Smoothies hijau penuh energi

Green smoothies, salah satu menu sarapan untuk tubuh ideal 2021.
Green smoothies, salah satu menu sarapan untuk tubuh ideal 2021. (Shutterstock)

Ingin sarapan dengan mengudap sayuran hijau, tetapi tetap enak? Smoothies hijau ini jawabannya! Hanya dengan total 257 kalori, kamu bisa menjadikan perpaduan bayam dan pisang yang akan bikin kamu berenergi.

Pertama, kamu memerlukan ½ gelas susu (susu almond lebih direkomendasikan), kemudian ½  cangkir yogurt, 3 gelas bayam (baby spinach lebih direkomendasikan), dua buah pisang, dan madu secukupnya sebagai pemanis.

Masukkan semua bahan di atas ke dalam blender. Blender hingga tercampur rata, lalu tuang ke dalam gelas. Bisa tambahkan es batu jika kamu ingin menikmatinya secara dingin.

Yogurt, granola, dan buah-buahan

Greek yogurt dengan granola, cocok untuk diet demi tubuh ideal 2021.
Greek yogurt dengan granola, cocok untuk diet demi tubuh ideal 2021. (Shutterstock)

Melansir Fat Secret, kamu bisa mengudap semangkuk yogurt dengan granola dan tambahan buah yang super nikmat hanya dengan 355 kalori saja.

Kamu hanya butuh kurang lebih ¾ cangkir yogurt plain (greek yogurt bisa jadi pilihan yang rendah lemak), satu buah pisang, ¼ gelas granola, dan satu sendok makan madu. Di luar bahan ini, kamu bisa menambah potongan buah stroberi atau blueberry.

Melansir Kompas.com, studi menunjukan bakteri asam laktat yogurt aman bagi penderita gangguan pencernaan, seperti konstipasi, diare, maupun intoleransi laktosa.

Susu Slim&Fit

slim%fit terbaru januari 2021

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi susu yang juga dapat berfungsi sebagai pengganti hidangan sarapan, seperti susu Slim&Fit

Susu Slim&Fit kaya akan serat, tinggi protein, dan mengandung karbohidrat lepas lambat seperti yang membuat kamu kenyang lebih lama. Dengan kandungan tersebut, tidak hanya sebagai pengganti hidangan sarapan, Slim&Fit juga pas bila dijadikan pengganti makan malam kamu.   

Pasalnya, segelas susu Slim&Fit mengandung 200 kkal/per saji yang cocok dikonsumsi selagi diet. Tak hanya itu, produk Slim&Fit mengandung 50 persen lemak lebih rendah dari susu biasa, tinggi kalsium sehingga memperkuat tulang dan mencegah gejala osteoporosis, serta kaya akan inulin yang memelihara sistem pencernaan.

Kamu pun tak perlu ragu untuk ngemil dan tetap memelihara tubuh yang ideal. Slim&Fit juga memiliki produk Slim&Fit Cookies yang terbuat dari campuran biji-bijian seperti quinoa dan oat yang kaya akan serat, rendah lemak, dan kaya akan sumber vitamin dan mineral.

Slim&Fit Cookies tersedia dalam varian rasa Dark Chocolate dan Raisin Cinnamon dengan kandungan kalori 90 kkal yang praktis untuk camilan atau asupan energi sebelum berolahraga.  

Sudah banyak konsumen yang merasakan hasilnya dalam waktu satu bulan, di mana Slim&Fit membantu menurunkan 4-6 kilogram berat badan.

Yuk, saatnya wujudkan resolusi tubuh ideal 2021 dengan tidak melewatkan sarapan! Pilih sarapan yang bernutrisi dan rendah kalori. Melansir WebMD, sarapan terbaik biasanya mengandung karbohidrat lepas lambat, protein, lemak sehat, dan serat. Tentunya, 5 rekomendasi di atas bakal bikin rencana dietmu jadi mulus. Selamat mencoba!

Penulis: Bardjan / Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas