Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Susu Bubuk

Kenali Panduan Makan ‘Isi Piringku’ untuk Gizi Anak Seimbang

Untuk kebutuhan gizi anak, orang tua perlu memperhatikan komposisi gizi dalam satu piring makan Si Kecil

BizzInsight
Kenali Panduan Makan ‘Isi Piringku’ untuk Gizi Anak Seimbang
Shutterstock
Ilustrasi memenuhi gizi anak dengan asupan seimbang. 

TRIBUNNEWS.COM - Di balik buah hati yang sehat dan ceria, ada orang tua yang memberi asupan terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Untuk itu, orang tua perlu memperhatikan komposisi gizi dalam satu piring makan Si Kecil.

Jika sebelumnya dikenal konsep makan ‘4 Sehat 5 Sempurna’ untuk melengkapi nutrisi anak, kini orang tua bisa mengikuti pedoman makan ‘Isi Piringku’. Panduan ‘Isi Piringku’ adalah bagian dari Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikampanyekan Kementerian Kesehatan sejak 2017.

Berbeda dengan ‘4 Sehat 5 Sempurna’, konsep Isi Piringku tak hanya menekankan pada apa saja makanan sehat untuk anak yang penting dikonsumsi, melainkan juga jumlah porsinya dalam satu piring.

Jadi, selain kandungannya, orang tua juga harus memperhatikan komposisi gizi anak di setiap sajian, termasuk keseimbangan antara makronutrisi dan mikronutrisi.

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur menjelaskan, sajian ‘Isi Piringku’ bertujuan agar gizi anak dapat terpenuhi, terutama pada periode emasnya, sekaligus jadi panduan asupan yang harus dikonsumsi setiap kali makan.

“Jadi makan tidak hanya soal kenyang, tapi juga ada nutrisi-nutrisi yang harus dipenuhi ketika menaruhnya di dalam piring. Ini akan menjadi sangat penting untuk anak karena kita tahu pada periode 1-5 tahun adalah periode emas dan krusial pertumbuhan otak si kecil. Jadi pemilihan nutrisi anak ini benar-benar harus diperhatikan komposisinya,” jelas dr. Muliaman.

Selain itu, dr. Muliaman juga menerangkan bahwa porsi ‘Isi Piringku’ haruslah disesuaikan dengan pembagian kelompok usia yang telah ditentukan. Misalnya, sesuai AKG Indonesia tahun 2013, anak berusia di bawah 5 tahun butuh 1350 kkal.

Informasi porsi ‘Isi Piringku’ berdasarkan kelompok usia dapat dilihat pada gambar dari situs Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak berikut ini.

Porsi sesuai ‘Isi Piringku’ untuk pemenuhan gizi anak.
Porsi sesuai ‘Isi Piringku’ untuk pemenuhan gizi anak. (gkia.org)

Selain itu, dalam memenuhi kebutuhan gizi anak, terutama saat balita, terdapat 4 komponen atau ragam makanan yang harus dipenuhi dalam sajian satu kali makan, yaitu makanan pokok, lauk berprotein, sayur dan buah.

Makanan pokok

Makanan pokok adalah asupan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Di Indonesia, terdapat beberapa aneka makanan pokok yang bisa dikonsumsi seperti beras, kentang, gandum, jagung, ubi, singkong, dan sagu.

Porsi makanan pokok yang ideal untuk anak dalam sajian satu kali makan sesuai dengan ‘Isi Piringku’ adalah 35% yang juga setara dengan 5-6 sendok makan nasi atau roti tawar 1 lembar.

Lauk-pauk

Asupan protein adalah makanan yang sangat penting yang bisa diperoleh dari lauk pauk yang harus terdapat dalam piring si Kecil. Terdapat dua jenis protein yaitu protein hewani, seperti seperti daging, telur, ikan, hingga makanan laut, serta protein nabati seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian.

dr. Muliaman menjelaskan, protein bermanfaat untuk membantu kecukupan kalori yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi dan berat badan serta berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh, tulang, dan juga otot anak.

Porsi lauk-pauk dalam piring anak yang sesuai dengan panduan ‘Isi Piringku’ adalah 35%.

Untuk protein hewani, ia menyarankan ½ potong ayam ukuran sedang atau telur ayam kampung 1 butir, sedangkan untuk protein nabati bisa mengonsumsi 1 potong kecil tahu atau tempe, atau 1 mangkok kecil bubur kacang hijau. Ada satu sumber protein lain yang bukan termasuk lauk pauk tapi bisa menjadi tambahan dan sumber asupan protein yang disukai oleh anak yaitu Protein Susu.

Sayur dan buah

Makanan sehat untuk anak belum lengkap tanpa kehadiran mikronutrisi berupa vitamin dan mineral penting yang diperoleh dari sayur dan buah.

Sesuai panduan ‘Isi Piringku’, 30% porsi dari piring anak haruslah berisi asupan sayur dan buah. Tak hanya jadi sumber mikronutrisi, buah dan sayur juga menjadi antioksidan dan sumber serat yang melancarkan sistem pencernaan.

Dalam satu piring terutama anak usia 2-3 tahun keatas, dr. Muliaman merekomendasikan sayur seperti wortel, buncis, bayam, atau kangkung sebanyak 2-3 sendok makan, serta buah-buahan, misalnya pepaya 1 potong sedang atau pisang 1 ukuran sedang.

Selain makanan sehat untuk anak, ia juga memerlukan asupan tambahan seperti susu yang kaya nutrisi, sehingga pemenuhan gizi anak dapat lebih optimal. Susu bubuk Morinaga Chil*Go! bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi buah hati kesayangan karena merupakan susu bubuk kualitas dari Morinaga Jepang yang ENAK BERNUTRISI, serta dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Susu Bubuk Morinaga Chil Go Bagus bagi anak

Morinaga Chil*Go! 1+ dan 3+ mengandung perpaduan nutrisi makro seperti protein dan serat pangan inulin, Tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, serta nutrisi mikro sumber 14 Vitamin & 8 Mineral termasuk 9 Asam amino essensial di dalamnya serta dilengkapi dengan minyak ikan, Omega 3 & 6, Kolin, Tinggi Kalsium dan Vitamin D, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Susu bubuk Morinaga Chil*Go! tersedia dalam varian rasa Madu dan Vanila yang enak banget pasti disukai anak, serta dapat dipilih dalam 2 ukuran kemasan yaitu 300 gram serta ukuran lebih besar 2x350 gram dengan kemasan yang terjamin kesterilan dan higienitasnya.

Saatnya Bunda penuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberikan asupan makan harian sesuai pedoman ‘Isi Piringku’ dari Kemenkes RI.

Di samping itu, tak ada salahnya untuk menyempurnakan kebutuhan nutrisinya dengan memberikan susu bubuk Morinaga Chil*Go! dua kali setiap hari setelah makan dan juga sebelum tidur.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan                   

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas