Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Mau Babymoon? Yuk Siapkan 4 Hal Berikut Ini dengan Pasangan

Umumnya, babymoon aman dilakukan saat ibu telah memasuki trimester kedua kehamilan, yaitu minggu ke-14 hingga 28.

zoom-in Mau Babymoon? Yuk Siapkan 4 Hal Berikut Ini dengan Pasangan
Shutterstock
Ilustrasi pasangan suami istri sedang menikmati momen babymoon. 

TRIBUNNEWS.COM - Babymoon telah menjadi tren yang cukup populer di kalangan pasangan yang sedang menantikan kelahiran buah hati mereka. Momen  ini sering kali dianggap sebagai ‘honeymoon’ kedua sebelum Buah Hati hadir di antara Anda dan pasangan.

Umumnya, babymoon dilakukan saat ibu telah memasuki trimester kedua kehamilan. Melansir dari Klikdokter, minggu ke-14 hingga 28 merupakan waktu yang paling tepat dan aman bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan liburan karena saat itu ibu hamil sudah melewati fase morning sickness.

Selain dapat mempererat hubungan Anda dan pasangan, babymoon juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang dapat mendukung kesehatan mental ibu hamil dalam masa kehamilannya. 

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum babymoon

Meskipun babymoon memiliki manfaat yang menyenangkan untuk ibu hamil, tetapi tentunya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ibu tetap sehat dan nyaman di sepanjang liburan. 

Maka dari itu, penting bagi ibu untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menjalankan babymoon.

1.   Berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu

BERITA TERKAIT

Sebelum pergi berlibur, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan kandungan dan berkonsultasi dengan dokter terkait momen babymoon yang sudah direncanakan.

Melalui konsultasi ini, dokter kandungan akan menyarankan beberapa hal yang dapat menjaga kehamilan tetap sehat, seperti waktu yang tepat untuk melakukan babymoon, lokasi yang memungkinkan untuk dikunjungi, asupan nutrisi yang wajib dikonsumsi, dan hal yang harus dihindari selama perjalanan.

2.   Tentukan moda transportasi yang aman dan nyaman

Pemilihan moda transportasi untuk babymoon juga penting untuk diperhatikan. Setiap moda transportasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi perlu disesuaikan lagi dengan kondisi dan kebutuhan ibu. 

Apalagi, ibu hamil harus terus bergerak aktif untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Karena itu, ibu harus memerhatikan ruang gerak dalam transportasi yang digunakan, terutama jika memilih destinasi yang cukup jauh.

Jika menggunakan pesawat terbang, mintalah tempat duduk di dekat lorong agar ibu bisa mudah berdiri dan berjalan-jalan kecil selama penerbangan. 

Jika memilih moda transportasi darat dengan mobil, pastikan ibu selalu menggunakan sabuk pengaman di atas dan di bawah perut agar janin juga merasa nyaman. Selain itu, beristirahatlah sesekali di rest area terdekat untuk meregangkan kaki dan buang air kecil.

3.   Pilih destinasi yang dekat dengan fasilitas kesehatan

Ketika merencanakan liburan, ada baiknya ibu dan pasangan memilih tempat yang dekat dengan kota tempat tinggal agar lebih mudah untuk mengakses klinik atau rumah sakit terdekat. 

Jika pergi ke luar kota ataupun luar negeri, pastikan untuk memilih destinasi wisata dengan fasilitas kesehatan memadai untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. 

Tak hanya pemilihan lokasi destinasi, rencana aktivitas selama babymoon juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Lakukanlah berbagai aktivitas yang bisa membuat pikiran dan tubuh lebih rileks serta mempererat kedekatan dengan pasangan, seperti berjalan santai di pantai, menonton pertunjukan seni, fine dining, dan berkunjung ke tempat spa.

4.   Pastikan asupan nutrisi tetap terjaga selama babymoon

Saat sedang pergi berlibur, terkadang kita ingin mencicipi semua makanan lezat yang ada di lokasi liburan. Namun, ibu harus tetap memilih makanan yang tepat dan memastikan asupan nutrisi tetap terpenuhi dengan baik, khususnya konsumsi protein.

Mengutip dari Klikdokter, protein menjadi nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan untuk pembentukan organ tubuh janin. Ketika memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan, kebutuhan protein harian yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil meningkat menjadi 70 gram per hari.

Pasalnya, pada trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan janin akan lebih cepat sehingga butuh asupan protein untuk mendorong perkembangan organ tubuh janin. 

Selain itu, protein diperlukan untuk membantu perkembangan payudara dan rahim ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan janin yang terus berkembang.

Nah, agar tetap fit dan bugar saat babymoon, ibu juga dapat mengonsumsi PRENAGEN mommy, nutrisi lengkap masa kehamilan yang kaya protein.

Kalbe Mommy2305

PRENAGEN mommy mengandung protein yang bermanfaat untuk membantu pembentukan organ tubuh janin, mendukung imun tubuh ibu hamil dan janin, serta memberi tenaga agar ibu tetap fit dan segar.

PRENAGEN mommy diperkaya dengan asam folat yang dapat mencegah resiko cacat tabung saraf, zat besi untuk cegah pendarahan saat persalinan, serta kalsium dan vitamin D untuk membantu pembentukan tulang bayi dan kepadatan tulang pada ibu. 

Dilengkapi dengan DHA dan Omega-3, nutrisi kehamilan ini juga memiliki manfaat dalam membantu perkembangan otak janin. 

PRENAGEN mommy bisa dikonsumsi dua gelas sehari dan dapat disajikan hangat maupun dingin. Dengan varian rasa enak enggak bikin eneg: French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, Groovy Mocha, dan Delicious Mung Bean, bumil tak perlu bingung lagi untuk memenuhi asupan nutrisi selama perjalanan babymoon

Apalagi, terdapat juga PRENAGEN mommy UHT dengan varian rasa Velvety Choco, Berry Love, dan Almond Soya yang praktis untuk dikonsumsi saat traveling!

PRENAGEN mommy dapat menjadi teman untuk bantu ibu penuhi asupan protein agar tetap fit selama perjalanan. 

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas