Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Bangun Kebiasaan Makan Sehat & Tepat Sejak MPASI: Tips Variasi Makanan dan Snack Bergizi

Tahukah Bunda? Pemberian Makanan Pendamping ASI atau MPASI merupakan hal penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil saat menginjak usia 6 bulan.

zoom-in Bangun Kebiasaan Makan Sehat & Tepat Sejak MPASI: Tips Variasi Makanan dan Snack Bergizi
Shutterstock
Si Kecil akan belajar untuk mengkoordinasikan antara tangan, mata, dan juga otak saat menyuapkan makanan atau snacknya sendiri ke dalam mulut. 

TRIBUNNEWS.COM - Tahukah Bunda? Pemberian Makanan Pendamping ASI atau MPASI merupakan hal penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil saat menginjak usia 6 bulan.

Dengan membiasakan anak mengkonsumsi makanan sehat, kebutuhan gizinya dapat terpenuhi dan tubuhnya akan mendapatkan berbagai nutrisi bermanfaat. Nantinya, ini juga akan berdampak positif bagi anak untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal, mendukung aktivitas sehari-hari, serta meningkatkan kecerdasannya.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, pemberian MPASI juga berperan dalam membangun kebiasaan si Kecil untuk makan makanan sehat dan juga mengenalkan akan berbagai tekstur dan rasa yang dapat melatih kemampuan oromotor atau keterampilan makan si Kecil untuk mengunyah, menelan, dan mengolah makanan dengan baik.

Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia mengungkapkan, strategi makan sehat yang bisa diterapkan untuk bayi dan balita adalah memperkenalkannya kepada jenis-jenis makanan baru secara berkala, dengan berbagai varian jenis dan rasa.

Hal ini karena di masa 1.000 hari pertama kehidupan, seorang anak akan mulai belajar untuk mengenal banyak hal, termasuk aneka rasa dan tekstur bahan makanan. 

Pentingnya pemberian MPASI yang variatif untuk anak

Dokter Reisa Broto Asmoro dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan pada Senin, 29 Januari 2024 mengatakan, orang tua perlu memilih makanan dengan menu yang variatif, seperti makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Selain itu, makanan juga harus mengandung protein hewani dan nabati serta vitamin dan mineral yang baik untuk anak.

BERITA REKOMENDASI

Nah, dikarenakan anak-anak akan belajar dengan melihat lingkungan sekitar, Bunda pun perlu memberikan contoh dan mengajarkan secara perlahan agar anak mengenal variasi makanan sehat sejak usia dini. 

Konsistensi dalam mengenalkan berbagai rasa dan tekstur makanan akan membantu anak mengembangkan preferensi yang sehat. Nantinya, ini akan mendorong anak untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi.

Pemberian MPASI yang variatif ini juga sejalan dengan kaidah responsive feeding yang menjadi panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memberikan MPASI kepada anak dengan memperhatikan 5W+1H (what, when, where, why, who, how).

Pemilihan jenis makanan pun harus disesuaikan dengan perkembangan fisik dan kemampuan mengunyah anak ya, Bun! Selain itu, metode responsive feeding juga sangat berkaitan erat dengan status gizi anak. Jika gizi anak baik, maka kesehatan tubuhnya tentu akan terjaga dan pertumbuhan tubuhnya normal. 

Baca juga: 5 Tips Ngemil Sehat untuk Si Kecil, Bunda Perlu Tahu!

Snack bayi dukung kebiasaan makan sehat si Kecil

Tidak hanya dari makanan utama, pemberian snack bayi juga bermanfaat membantu mengenalkan anak pada rasa, tekstur, dan bentuk yang berbeda sehingga menjadi proses belajar yang baik untuk si Kecil.

Selain itu, kemampuan motorik anak juga bisa terasah dan berkembang dengan mengkonsumsi snack bayi. Si Kecil akan belajar untuk mengkoordinasikan antara tangan, mata, dan juga otak saat menyuapkan makanan atau snack-nya sendiri ke dalam mulut. 

Untuk mendukung kebiasaan makan sehat si Kecil, Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian snack yang bernutrisi seimbang secara terjadwal di antara jam makan utama. 

Selain terjadwal, hindari untuk memberikan camilan orang dewasa walaupun ukurannya sudah disesuaikan untuk anak. Hal ini karena asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi jauh berbeda dengan orang dewasa.

Karena itu, pastikan untuk memilih snack yang bergizi dan aman untuk disajikan kepada anak. Bila memilih snack dalam kemasan, cermati pula komposisi bahan dan tidak mengandung gula berlebih ya, Bun!

Sebagai rekomendasi, Bunda bisa memilih snack bayi dengan tekstur tepat  dan mudah lumer di mulut seperti Milna Nature Puffs Organic

Si Kecil dapat dengan mudah mengkonsumsi camilan ini tanpa khawatir tersedak. Selain itu bentuknya yang pas dapat dapat menstimulasi kemampuan motorik menjimpit anak.

Milna Nature Puffs Organic  terbuat dari bahan alami, tanpa pemanis buatan, bahan pengawet, penguat rasa dan pewarna sintetis sehingga aman bagi Si Kecil.

Terlebih,  camilan organik ini kini juga hadir dengan rasa baru  yaitu seaweed yang diperkaya dengan kandungan rumput laut tinggi kalsium dan sumber zat besi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil.

Selain rasa seaweed, Milna Nature Puffs Organic juga tersedia varian rasa Apple mix berries, Pisang dan Banana. Seluruh varian rasa yang ada di Milna Nature Puff Organics selalu disukai dan menjadi favorit si kecil.

Yuk Bun, mulai biasakan anak makan sendiri sejak dini dengan asupan yang aman dan bergizi. Bersama Milna Nature Puffs Organic Seaweed dengan kebaikan rumput laut, Bunda kini punya pilihan snack yang bergizi untuk membangun kebiasaan makan sehat anak di fase MPASI!

Penulis: Nurfina Fitri | Editor: Anniza Kemala

Baca juga: Manfaat Snack Bagi Si Kecil yang Doyan Ngemil

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas