Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Dukung Anak Tumbuh Tinggi, Ayo Ajak Olahraga dan Penuhi Nutrisi!

Ingin si Kecil tumbuh tinggi optimal? Coba rutin olahraga, nutrisi seimbang, dan susu kaya kalsium agar ia #tumbuhtinggilebihcepat!

zoom-in Dukung Anak Tumbuh Tinggi, Ayo Ajak Olahraga dan Penuhi Nutrisi!
Shutterstock
Olahraga tidak hanya membuat anak lebih tinggi, tapi juga lebih sehat. Kegiatan seperti basket, berenang, dan jogging sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. 

TRIBUNNEWS.COM - Pernahkah Bunda memperhatikan tinggi badan si Kecil yang tampak lebih pendek dibandingkan teman sebayanya? 

Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran, apalagi jika Bunda sudah berusaha memberikan asupan makanan bergizi seimbang untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari. 

Untuk diketahui, berdasarkan data Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), rata-rata tinggi badan anak laki-laki Indonesia berusia 5 tahun ke atas adalah sekitar 102 sentimeter, sedangkan anak perempuan seusianya memiliki rata-rata tinggi badan sekitar 101,1 sentimeter.

Namun, tahapan tumbuh kembang setiap anak pasti berbeda antar satu sama lain. Umumnya, perbedaan tinggi badan dipengaruhi oleh faktor genetik, pola makan, dan aktivitas fisik anak.

Jika Bunda menyadari tinggi badan si Kecil tidak sesuai dengan rata-rata anak seusianya, ada kok cara efektif untuk mendukung pertumbuhannya dengan lebih optimal. Salah satunya adalah dengan mengajaknya berolahraga!

Berolahraga secara rutin dapat merangsang hormon pertumbuhan, memperkuat tulang dan otot, serta memperbaiki postur tubuh. 

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara rutin juga membantu menjaga berat badan anak tetap ideal, sehingga ia bisa terlihat lebih tinggi dan memiliki tubuh yang proporsional.

Baca juga: Waspada Bahaya Pneumonia pada Anak, Lakukan 3 Langkah Pencegahan Ini Bun!

BERITA REKOMENDASI

Olahraga yang dukung tinggi badan anak

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang baik untuk mendukung tinggi tubuh anak-anak:

  • Lompat tali (skipping)

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Gerakan melompat berulang ini mampu merangsang pertumbuhan tulang, terutama di bagian kaki, serta memperkuat otot. 

Mengutip dari Klikdokter, saat si Kecil melakukan lompat tali, seluruh tubuh dan ototnya akan bergerak guna membantunya tumbuh lebih tinggi. Agar hasilnya maksimal, Bunda bisa mengajak si Kecil lompat tali 30-90 menit tiga kali dalam seminggu.

Selain menyenangkan dan baik untuk pertumbuhan tinggi badannya, lompat tali juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan koordinasi tubuh lho, Bun!

  • Renang

Olahraga peninggi badan selanjutnya adalah berenang. Melansir dari Times of India, aktivitas ini dapat meningkatkan fleksibilitas otot anak. Gerakan ketika berenang juga bisa merangsang sel-sel dalam otot untuk terus tumbuh dengan maksimal. 

  • Basket

Ketika melakukan olahraga basket, anak diharuskan untuk melompat, melempar bola, dan mengambil bola dari lawan. Gerakan yang dilakukan secara konstan ini dapat merangsang otot dan tulang untuk melakukan peregangan sehingga membantu anak tumbuh tinggi.

  • Jumping Jack

Jumping jack merupakan gerakan latihan kardio yang dilakukan dengan melompat sambil membuka kaki dan mengangkat tangan ke atas secara bersamaan. Olahraga sederhana ini dapat melatih otot-otot tubuh dan merangsang pertumbuhan tulang. 

  • Yoga

Tak hanya bermanfaat bagi  orang dewasa, ternyata yoga juga bisa mendukung pertumbuhan tinggi badan anak. Dikutip dari Klikdokter, gerakan yoga yang membantu si Kecil tumbuh tinggi adalah Chakrasana.

Gerakan ini mengajak anak berbaring telentang dan membuat punggungnya melengkung ke atas. Kemudian, si Kecil akan menopang tubuhnya dengan lengan dan kaki untuk mempertahankan bentuk “U”.

Enggak cuma meregangkan otot, yoga juga berguna untuk melatih pernapasan anak. Jadi, si Kecil bisa bertumbuh dengan lebih optimal.

Selain rajin berolahraga, nutrisi yang tepat juga sangat penting untuk membantu si Kecil tumbuh tinggi. Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi kunci yang perlu diperhatikan.  

Kalsium bermanfaat mendukung pembentukan massa tulang pada anak-anak serta membantu pemeliharaan tulang, sedangkan vitamin D membantu pertumbuhan normal tulang pada anak dan membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Keduanya bekerja sama untuk membuat tulang si Kecil kuat dan tumbuh dengan optimal. 

Agar tulang si Kecil tumbuh kuat dan sehat, Bunda bisa memberikannya segelas susu Zee setiap hari. 

produk Susu Zee 28102024
Susu Zee

Baca juga: Sambut Musim Libur Sekolah, Ini 5 Aktivitas Seru untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Produk susu untuk anak umur 3-12 tahun ini siap membantu si Kecil tumbuh tinggi lebih cepat dengan kandungan NUTRIPRO+ yang tinggi kalsium dan 2x vitamin D.

Susu ini juga merupakan sumber protein dan 9 asam amino esensial, yang dilengkapi dengan 11 vitamin dan 5 mineral, minyak ikan, Omega 3, dan DHA.

Dengan rasanya yang enak dan kandungannya yang bermanfaat, Susu Zee bisa Bunda andalkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil, khususnya dalam memperkuat tulang dan mempercepat proses tumbuh kembang si Kecil, sehingga tinggi badannya dapat tumbuh lebih optimal!

Yuk, ajak si Kecil untuk #tumbuhtinggilebihcepat dengan olahraga rutin dan minum susu Zee setiap hari!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas