Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Gigi Makin Sakit Setelah Ditambal Sementara

Minggu pertama gigi saya ditambal sementara, dan tidak ada masalah setelahnya. Saya diminta untuk datang kembali minggu berikutnya.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Gigi Makin Sakit Setelah Ditambal Sementara
net

TRIBUNNEWS.COM  - Tribunnews.com membuka kontak Konsultasi yang akan dijawab Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut Tribunnews.com.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca Tribunnews.com yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.tribunnews.com.

Pertanyaan Pembaca

Dokter Anastasia,
Saya Aldo, mahasiswa, tinggal di Bekasi, berusia 20 tahun.
Langsung aja, ya Dok. Saya segera berobat setelah merasakan sakit gigi saat tersentuh air. Ternyata gigi saya berlubang. Pagi 1 Agustus 2013 untuk ketiga kalinya saya berkunjung ke Puskesmas (supaya hemat dok, maklum anak kost) untuk mengobati gigi saya yang berlubang.

BERITA TERKAIT

Minggu pertama gigi saya ditambal sementara, dan tidak ada masalah setelahnya. Saya diminta untuk datang kembali minggu berikutnya. Minggu kedua saya kembali, diberi tambalan sementara. Nah, baru terasa nyut-nyut'an setelahnya (3-4 hari). Sampai akhirnya saya datang kembali di minggu berikutnya (minggu ke-3) dan mengeluhkan apa yang saya rasakan. Dokter meminta saya untuk perawatan tertentu, tetapi penjelasan dokter tersebut sangat minim. Yang saya tangkap berkaitan dengan saraf.

Dokter memasukan bahan tertentu ke dalam gigi berlubang saya. Dokternya pun bilang:
"..jangan kaget, ya Mas, kalo nanti agak sakit. Tapi nanti saya kasih obatnya. Mas puasa? Kalo tidak kuat, ya minum saja ya Mas".  

Dokternya pun menyarankan untuk tidak kumur selama 2 jam. Saya tidak punya riwayat penyakit apapun, Dok..

Dan sekarang saya merasakan sakit yang lumayan, Dok.. Apalagi saya ini seorang pengajar. Khawatir mengganggu performa saya dalam menyampaikan materi. Apakah yang saya rasakan ini wajar, Dok? Apakah ada saran dari Dokter Anastasia untuk bisa meredam rasa sakit gigi saya, Dok? Terimakasih.
Salam hormat saya, Aldo Rinaldy.

Jawaban:

Mas Aldo, terimakasih atas pertanyaannya. Saya mohon maaf, terlambat menanggapi  pertanyaan Mas karena saya cuti menulis selama beberapa hari lalu selama masa Lebaran.

Hmm. bagaimana perkembangan kondisinya saat ini? Apakah rasa sakitnya telah tertanggulangi? Spontan sembuh ataukah dengan resep obat pereda nyeri dari sang dokter gigi? Dan, apakah selanjutnya telah melanjutkan perawatan ke dokter gigi? Sampai tahap apa, saat ini? Bagaimana perkembangannya detik ini?

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas