Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Memilih Makanan Pendamping ASI Pertama untuk Bayi

Bunda masih bingung makanan apa yang harus diberikan untuk MPASI pertama si kecil? Yuk simakpenjelasan dr Novitria Dwinanda, SpA.

Penulis: Anita K Wardhani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Tak terasa bayi kita tumbuh semakin besar. Tiba saatnya memberikan Makanan Pendamping ASI (MPAS).

Bunda masih bingung makanan apa yang harus diberikan untuk MPASI pertama si kecil? Yuk simakpenjelasan dr Novitria Dwinanda, SpA.

Saat ditemui di Bintaro Women and Children Clinic, akhir pekan tadi, dokter Novi mengatakan prinsipnya di minggu pertama bayi hanya bisa berikan satu jenis makanan saja per waktu makan.

"Jadi hanya satu jenis makan per waku makan, Itu bisa dikomposisikan antara karbohidrat, sayuran atau protein nabati," jelas dokter berhijab ini.

Menurut Novi, saat pemberian MPASI hakikatnya adalah mengenalkan rasa pada bayi.

"Makanan yang diberikan pada minggu pertama tidak boleh diulang. Jadi selama seminggu pertama anak benar-benar merasakan rasa yang berbeda. Ada 21 jenis rasa yang mampir ke lidahnya," sambung Novi.

Novi mencontohkan, misal saat santap pagi si kecil kita berikan karbohidrat berupa kentang saja, maka siangnya kita berikan buah, kemudian sorenya diberikan sayuran atau protein seperti tahu atau tempe.

BERITA TERKAIT

Pada minggu berikutnya, barulah boleh mencampurkan lebih dari satu makanan.

Misalkan dalam satu menu nasi tim, maka karbohidratnya adalah nasi, proteinnya adalah daging ayam, kemudian satu jenis sayuran.

Protein hewani dianjurkan diberikan selama tiga hari berturut turut. Tujuannya untuk melihat tingkat alergi atau pun kemungkinan sembelit.

Nah, bunda sudah siapkah memberikan MPASI untuk si kecil?

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas