Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Tidak Disunat, Pria Berisiko 2 Kali Lebih Besar Terkena Kanker Prostat

Pria yang tidak disunatberresiko 2 kali lebih besar kena kanker prostat, dan pria dewasa yang disunat lebih kecil 4,5 kali terkena resiko HIV/AIDS

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Tidak Disunat, Pria Berisiko 2 Kali Lebih Besar Terkena Kanker Prostat
Shutterstock
Ilustrasi sunat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sunat merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh sebagian kaum pria yang dikaitkan  untuk memenuhi kewajiban agama ataupun demi kesehatan.

Sunat tidak hanya ditujukan untuk pria dewasa tetapi juga anak-anak.

dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, owner dan pendiri Rumah Sunatan, banyak sekali manfaat sunat bagi pria yang telah melakukannya, diantaranya lebih dari 80% kasus HIV tertular dari penis yang tidak disunat.




"Pria yang tidak disunat memiliki resiko 2 kali lebih besar terkena kanker prostat, dan pria dewasa yang disunat lebih kecil 4,5 kali terkena resiko HIV/AIDS," kata Mahdian di Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Penyakit bisa timbul kapan saja tanpa terikat oleh waktu.

Begitu halnya dengan sunat, pria yang tidak disunat akan lebih mudah terjangkit berbagai macam penyakit namun, ada juga penyakit-penyakit yang mengharuskan pria segera disunat.

10 penyakit yang membuat pria harus segera disunat adalah :

BERITA TERKAIT

Fimosis

Keadaan di mana didapatkan konstriksi/penyempitan dari ujung kulit depan (foreskin) penis. Fimosis bisa ditemukan karena faktor genetikal (bawaan sejak lahir) atau juga bisa akibat peradangan lubang pada kulit penis.

Parafimosis

Kondisi saat kulup penis tidak dapat ditarik kembali ke kepala penis. Dapat menyebabkan kulup penis membengkak dan tersangkut, sehingga mencegah peredaran darah terjadi secara optimal pada penis.

Balanitis

Pembengkakan dan rasa nyeri atau iritasi kulit dan kepala penis. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat.

Kondiluma Akuminata atau kutil

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas