Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Trik Memilih Kacang Almond yang Bagus untuk Kesehatan

Sebaiknya hindari almond yang beraroma tengik, tidak utuh, dan mulai timbul bercak putih

Trik Memilih Kacang Almond yang Bagus untuk Kesehatan
SECRET HEALTHY
Kacang almond 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain rasanya enak untuk aneka olahan makanan, manfaat almond untuk kesehatan pun tak bisa disepelekan.

Almond atau Prunus dulcis adalah tanaman asli Timur Tengah. Buahnya sebenarnya bukan merupakan kacang, melainkan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi cangkang keras. Almond masih satu keluarga dengan pohon ceri, peach, dan aprikot.

Kata "almond" sendiri berasal dari bahasa Prancis Kuno almande atau allemande. Sementara, dalam mitologi Yunani pohon almond melambangkan kemudaan dan kesucian. Konon, bangsa Romawi menyebut almond sebagai "Kacang Yunani".

Seiring waktu, banyak negara tertarik membudidayakan almond, antara lain Amerika Serikat, Spanyol, Siria, Italia, Iran, Maroko, Turki dan China.

Dua Jenis Almond

Ada dua jenis almond, yaitu almond pahit dan almond manis. Almond pahit bentuknya sedikit lebih lebar dan lebih pendek dari almond manis. Almond pahit juga mengandung sekitar 50 persen minyak tetap dibandingkan almond manis.

Yang biasa dikonsumsi orang adalah almond manis, sedangkan almond pahit biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan minyak dan aroma almond.

Kacang almond
Kacang almond

Minyak almond digunakan sebagai carrier oil untuk dicampur dengan minyak atsiri (essential oil) yang bermanfaat untuk pelembap kulit tubuh dan bibir yang pecah-pecah.

Sifat minyak almond yang tidak menembus sedalam jenis minyak lain, menjadikannya ideal sebagai minyak pijat dan aromaterapi dengan keharuman nan lembut.

Selain itu, minyak almond berguna merawat kulit kepala, mencegah rambut rontok, serta memberikan kekuatan dan kilau pada rambut.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas