Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Mengenal 16 Gejala Kanker Otak yang Diduga Dialami dr Ryan Thamrin

Dokter Ryan Thamrin, pengasuh rubrik kesehatan di televisi swasta, meninggal mendadak di Pekanbaru, Riau.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Mengenal 16 Gejala Kanker Otak yang Diduga Dialami dr Ryan Thamrin
net
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter Ryan Thamrin, pengasuh rubrik kesehatan di televisi swasta, meninggal mendadak di Pekanbaru, Riau.

Keluarga dekat dokter ganteng ini mengatakan, almarhum menderita kanker otak dan meninggal dunia, Jumat (4/8/2017).

Berikut sekilas tentang kanker otak supaya kita bisa menghindari atau paling tidak bisa mengetahui informasinya secara dini.

Kanker otak merupakan salah satu tumor ganas yang menyerang bagian otak, parahnya ciri-ciri dan gejala kanker otak tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya.

Terlepas dari bahayanya, tentu pengetahuan dini mengenai ciri-ciri yang menjadi tanda anda mengidap kanker otak cukup penting diketahui.

Studi yang dilakukan Department Oncology, BSMMU, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, sebuah universitas ternama di Bangladesh menemukan bahwa terdapat 16 ciri-ciri kanker otak yang harus diwaspadai.

Baca: Alasan Dokter Ryan Thamrin Menghilang dari Dr Oz Indonesia

BERITA TERKAIT

Studi ini dilakukan pada 50 penderita dengan rentang umur 2 hingga 60 tahun (Naziruddin Mollah., Abdul Baki., Nur Afzal., Akram Hossen, Clinical and Pathological Characteristics of Brain Tumor, vol 3 issues 2, july 2010. di akses 03 November 2014).

1. Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan ciri-ciri kanker otak yang paling umum, sebanyak 38 orang dari 50 responden atau sekitar 76 persen mengalami gejala ini.

Namun tentu sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh kanker otak, melainkan sakit kepala umum yang bisa terjadi pada siapa saja.

Bagaimana ciri-ciri sakit kepala kanker otak?

DIMAKAMKAN - Jenazah dr Ryan Thamrin saat dimakamkan di pemakaman umum Labuai di jalan Kesadaran Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Jumat (4/8). Pihak keluarga almarhum yang terdiri dari ibu, kakak, abang dan sepupu menaburkan bunga dipusara almarhum.dr Ryan Thamrin atau yang akrab disapa dr OZ Indonesia ini meninggal dunia karena penyakit maag akut sejak setahun belakangan ini dan ada benjolan kecil yang berada di belakang kepala almarhum. Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
DIMAKAMKAN - Jenazah dr Ryan Thamrin saat dimakamkan di pemakaman umum Labuai di jalan Kesadaran Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Jumat (4/8). Pihak keluarga almarhum yang terdiri dari ibu, kakak, abang dan sepupu menaburkan bunga dipusara almarhum.dr Ryan Thamrin atau yang akrab disapa dr OZ Indonesia ini meninggal dunia karena penyakit maag akut sejak setahun belakangan ini dan ada benjolan kecil yang berada di belakang kepala almarhum. Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir (TRIBUN PEKANBARU/Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir)

Dikutip dari cnn, Dr.Santiago Medina, co-director Department Radiology divisi Neuroradiology di Rumah sakit anak Miami mengatakan bahwa 4.000 anak-anak yang menderita sakit kepala, satu di antaranya menderita kanker otak (CNN., Elizabeth Cohen, When a headache really is a brain tumor, 7 April 2011. Diakses 03 November 2014).

Lalu bagaimana ciri-ciri sakit kepala jenis ini ?

Sakit kepala ini baru bagi anda.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas