Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Teliti Sebelum Membeli, Bahan di Dalam Pasta Gigi Ini Membahayakan Jika Terserap Dalam Tubuh

Dalam pasti gigi umumnya terdapat kandungan triclosan, yaitu bahan kimia aktif yang biasa ditemukan dalam produk perawatan dan kebersihan diri.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Teliti Sebelum Membeli, Bahan di Dalam Pasta Gigi Ini Membahayakan Jika Terserap Dalam Tubuh
Global Health NOW
Ilustrasi sikat dan pasta gigi 

TRIBUNNEWS.COM - Saat mandi, pastinya kita akan membersihkan seluruh bagian yang ada pada tubuh kita dengan menggunakan produk pembersih.

Termasuk bagian mulut kita, seperti gigi dan gusi, karena selain untuk menjaga kebersihan, juga untuk menjaga kesehatan.

Namun, sering kali produk sabun dan pasta gigi yang kerap kita pakai mengandung bahan berbahaya, sehingga malah dapat mengganggu kesehatan.

Pada tahun 2016, The U.S. Food and Drug Administration, melarang penggunaan bahan antimikroba yang disebut triclosan dan bahan terkait lainnya dari sabun tangan antibakteri dan sabun badan.

Itu peraturan pada sabun, lantas bagaimana dengan pasta gigi, sebuah produk yang kemungkinan diserap ke dalam tubuh kita dengan tingkat yang lebih tinggi?

Pada nyatanya, dalam pasti gigi umumnya terdapat kandungan triclosan, yaitu bahan kimia aktif yang biasa ditemukan dalam produk perawatan dan kebersihan diri.

Kandungan triclosan dalam pasta gigi memang dapat mengurangi perkembangan gingivitas atau peradangan pada gusi, sehingga bermanfaat bagi orang yang berisiko tinggi mengalami penyakit gusi.

BERITA REKOMENDASI

Akan tetapi, di balik itu semua, terdapat risiko yang membahayakan ketika triclosan terserap dalam tubuh.

Menurut sebuah laporan dari Los Angeles Times, zat kimia triclosan terkait dengan penurunan kadar beberapa hormon tiroid pada hewan dan berisiko terjadinya resistensi antibiotik.

Seperti agen antibakteri lainnya, triclosan dapat menganggu keseimbangan bakteri baik di usus yang juga dikenal sebagai microbiome.

Dengan demikian, microbiome yang ada pada tubuh bisa bermasalah.

Para peneliti di University of Queensland tidak hanya menunjuk pada risiko pribadi, tapi juga untuk masalah lingkungan yang akan datang.

Baca: Demi Dapatkan Tubuh Langsing, Empat Selebriti Cantik Ini Hindari Makan Nasi, Sukseskah Dietnya?

Jika jutaan manusia menggunakan produk pasta gigi yang mengandung triclosan dan membuangnya ke bak cuci setiap hari, maka bahan kimia yang akan ada di lingkungan menjadi bertambah.

Hal itu mungkin akan bersentuhan dengan berbagai jenis bakteri, sehingga berpotensi membuat bakteri ini kebal terhadap antibiotik.

Nah, sebaiknya kita menghindari bahan-bahan yang berpotensi berbahaya seperti triclosan.

Bunda harus selalu periksa label pada kemasan produk pasta gigi sebelum membelinya. (*)

Sumber: Nakita
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas