Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Masalah Pada Wanita Hamil yang Tak Perlu Bantuan Medis

Selama masa kehamilan akan ada banyak sekali perubahan dan masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh wanita.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Masalah Pada Wanita Hamil yang Tak Perlu Bantuan Medis
Tribun Network
Ilustrasi ibu hamil 

TRIBUNNEWS.COM - Selama masa kehamilan akan ada banyak sekali perubahan dan masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh wanita.

Perubahan pada ibu hamil, misalnya perut semakin membesar, berat badan yang bertambah, atau mual yang berlebihan di pagi hari (morning sickness).

Beberapa perubahan tersebut memang ada yang memerlukan bantuan medis. Namun, ada pula beberapa perubahan yang sebenarnya normal terjadi dan tidak membutuhkan bantuan medis.

Dikutip dari Parents, Alice Domar, Ph.D., asisten profesor Obstetri, Ginekologi, dan Biologi Reproduksi di Harvard Medical School, menegaskan, "sebagian besar kehamilan ternyata baik-baik saja.”

Berikut ini beberapa perubahan dan masalah kesehatan yang sebenarnya aman dan tidak perlu dikhawatirkan selama kehamilan.

Merasa Mual

Selama kehamilan, seorang wanita biasanya akan sering merasa mual. Kondisi ini sering kali disebut pula dengan istilah morning sickness.

BERITA TERKAIT

Laura Riley, M.D., dokter di Rumah Sakit Umum Massachusetts menjelaskan bahwa hal tersebut bukanlah masalah besar.

"Mual bukan masalah besar, muntah dan penurunan berat badan adalah masalah."

Biasanya masalah ini akan segera berakhir setelah melewati trimester awal, meski tak menutup kemungkinan pula sesekali terjadi di trimester berikutnya.

Untuk mengatasi hal itu, Dr Riley menyarankan untuk wanita hamil agar tetap terhidrasi dan sering makan. Jika mual tidak mereda atau disertai dengan sering muntah, hubungi dokter.

Sakit Perut

“Peringatan yang paling umum yang tidak perlu dikhawatirkan adalah sakit perut," kata Dr Riley.

"Kecuali rasa sakit semakin memburuk, tak henti-hentinya, atau berhubungan dengan pendarahan, kemungkinan uterus normal tumbuh, ligamen bundar yang meregang, atau gas."

Halaman
123
Sumber: Nakita
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas