Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Gaya Hidup Sehat dan Kendalikan Stres, Kurangi Risiko Kanker Prostat

Risiko terkena kanker prostat dan kanker penis yang bersarang di sekitar kelamin pria bisa dikurangi dengan sejumlah metode.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Gaya Hidup Sehat dan Kendalikan Stres, Kurangi Risiko Kanker Prostat
Shutterstock
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Risiko terkena kanker prostat dan kanker penis yang bersarang di sekitar kelamin pria bisa dikurangi dengan sejumlah metode.

Ahli Urologi Parkway Hospitals, Dr Poh Beow Kiong menyebutkan yang pertama tentunya dengan menerapkan gaya hidup sehat misalnya dengan tidak mengonsumi makanan olahan.

Kemudian yang kedua adalah menghindari rokok, meski tidak semua kanker akibat merokok namun kandungan dalam rokok dapat membuat sel kanker lebih agresof.

“Kaitann kanker dengan makanan biasanya dengan makanan olahan, rokok, kegemukan, tapi sevara keseluruhan gaya hidup proteksi paling baik,” ungkap dr Poh saat ditemui di Sheraton Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Kemudian vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) seperti untuk mencegah kanker rahim pada perempuan pun dapat mengurangi resiko kanker prostat termasuk juga berhati-hati saat melakukan kegiatan seks.

“Anda tidak dapat mencegah semua tapi bisa dikurangi dengan vaksinasi HPV dan praktik sesual harus hati-hati,” kata dr Poh.

BERITA REKOMENDASI

Pakar onkologi medis dari Parkway Cancer Centre, Singapura Richard Quek menambahkan akhir-akhir ini stres juga mempengaruhi tumbuhnya sel kanker sehingga keadaan psikologi juga perlu dikontrol untu menghindari penyakit ini.

“Ketika anda stres kondisi tubuh tidak normal, makan tidak benar, akhirnya hormon berubah dan memicu kanker. Termasuk kurang tidur,” pungkas dr Richar ditemui di kesempatan yang sama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas