Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Belajar Dari Kisah Pilu Bayi Meninggal Usai Makan Nasi, Kapan si Kecil Bisa Diberi Makanan Padat?

Ada sebuah berita yang mengisahkan kematian bayi karena diberi makanan padat. Apakah sebenarnya bayi boleh diberi makanan padat?

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Belajar Dari Kisah Pilu Bayi Meninggal Usai Makan Nasi, Kapan si Kecil Bisa Diberi Makanan Padat?
Tribun Jateng/Tribun Jateng/Hermawan Handaka
MON AND KIDS - Makanan Pendamping Asi Untuk memberikan tambahan makanan pada anak atau makanan pengganti asi hendaknya umur bayi kurang lebih 6 bulan, karena pada usia ini sistem pencernaannya seharusnya sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat selain asi dengan baik. Beberapa organisasi profesi memang membolehkan bayi usia 4-6. Hendaknya makanan yang dipilih harus lembut dan memenuhi nilai gizi seperti wortel, bayam dan ayam yang sudah di belender. Model : Rida Yuda Septiani (Ibu) dan Marmoko Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

TRIBUNNEWS.COM – Ada sebuah berita yang mengisahkan kematian bayi karena diberi makanan padat. Apakah sebenarnya bayi boleh diberi makanan padat?

Di media sosial sempat heboh kisah tentang bayi 4 bulan yang meninggal karena diberi makan nasi oleh ibunya.

Kisah ini menimbulkan pilu keluarga. 

Apalagi, kejadian ini berawal dari ketidaktahuan orangtua si bayi bahwa anak di bawah 6 bulan memang diketahui belum boleh mengonsumsi makanan berat.

Kejadian Ini Bukan Hanya Satu Kali

Tampaknya para ibu yang yang baru memiliki anak harus banyak-banyak mencari informasi dan pengetahuan tentang makanan anak, khususnya yang masih bayi.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan ibu dalam merawat bayi.

BERITA TERKAIT

Kalau tidak, kejadiannya bisa fatal, seperti kisah ibu yang satu ini.

Di media sosial Twitter, akun @kyeomdongie membagikan pengalaman mengesalkan sekaligus menyedihkan yang dialaminya.

Ia mengatakan kalau ada seorang ibu yang datang ke UGD membawa bayi berusia 4 bulan dengan kondisi perut sesak, akral dingin, nadi tidak teraba, dan menangis lemah.

Rupanya setelah diinterogasi, ibu itu memberikan nasi utuh sebagai makanan bayi yang sudah dilakukannya sekitar satu minggu.

Alhasil, lambung sang anak pun hampir pecah dan lebih besar dari jantung.

MON AND KIDS - Makanan Pendamping Asi
Untuk memberikan tambahan makanan pada anak atau makanan pengganti asi hendaknya umur bayi kurang lebih 6 bulan, karena pada usia ini sistem pencernaannya seharusnya sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat selain asi dengan baik. Beberapa organisasi profesi memang membolehkan bayi usia 4-6. Hendaknya makanan yang dipilih harus lembut dan memenuhi nilai gizi seperti wortel, bayam dan ayam yang sudah di belender.
Model : Rida Yuda Septiani (Ibu) dan Marmoko
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
MON AND KIDS - Makanan Pendamping Asi Untuk memberikan tambahan makanan pada anak atau makanan pengganti asi hendaknya umur bayi kurang lebih 6 bulan, karena pada usia ini sistem pencernaannya seharusnya sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat selain asi dengan baik. Beberapa organisasi profesi memang membolehkan bayi usia 4-6. Hendaknya makanan yang dipilih harus lembut dan memenuhi nilai gizi seperti wortel, bayam dan ayam yang sudah di belender. Model : Rida Yuda Septiani (Ibu) dan Marmoko Tribun Jateng/Hermawan Handaka (Tribun Jateng/Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Bayi umur 4 bulan dateng ke ugd dalam kondisi perut distended, sesak, akral dingin, nadi tidak teraba, tangis lemah.

Setelah diintrogasi ibunya ternyata si bayi di kasi makan NASI UTUH udh sekitar semingguan!

Halaman
1234
Sumber: Intisari
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas