Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Tips Buat Para Caleg untuk Menghadapi Kekalahan di Pileg 2019

Pemungutan suara merebut kursi di DPR (Pileg) digelar besok, Rabu (17/4/2019). Para calon legislatif (caleg) harap-harap cemas.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
zoom-in Tips Buat Para Caleg untuk Menghadapi Kekalahan di Pileg 2019
KPU
Berikut panduan tata cara mencoblos pada Pemilu 2019 yang akan dihelat pada Rabu (17/4/2019) lusa. Perhatikan agar suaramu sah! 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Pemungutan suara merebut kursi di DPR (Pileg) digelar besok, Rabu (17/4/2019). Para calon legislatif (caleg) harap-harap cemas.

Para caleg yang tidak mendapatkan suara alias kalah dalam kompetisi tersebut dikhawatirkan mengalami masalah psikologi. Misalnya stres atau bahkan lebih parah dari itu. 




Patricia Yuannita seorang psikolog menyebutkan tidak hanya saat pileg, untuk menghindari gangguan psikologi ketika mengetahui dirinya kalah adalah menghargai perjuangan diri sendiri.

Menghargai diri sendiri ini penting untuk membangkitkan kembali semangat di dalam diri dan mengiklaskan yang terjadi.

“Ini gak cuma di pemilu tapi di yang lainnya juga, yang penting sudah berusaha dulu,” kata Patricia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (16/4/2019).

Step-nya ikhlas menerima dan berterima kasih kepada diri sendiri saya berusaha sekeras ini untuk memenangkan,” papar Patricia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (16/4/2019).

BERITA TERKAIT

Suasana positif di dalam diri kita sangat dipengaruhi oleh diri sendiri sehingga bisa mengantisipasi automatic negative thoughts (ANT) atau potensi negatif di dalam diri.

“Sehingga seharusnya kita bisa mensiasati karena kita punya otonomi diri sendiri untuk mengatur emosi kita,” ungkap Patricia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas