Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jangan Hanya Fokus Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Jaga Imunitas Tubuh

Pandemi Covid-19 meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Jangan Hanya Fokus Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Jaga Imunitas Tubuh
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi: Pedagang buah jeruk melayani pembeli di Jalan Bojongsayang, Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Untuk menjaga imunitas tubuh, masyarakat banyak yang memilih mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania MSi menyebut sayur dan buah pilihan yang tepat untuk menjaga imunitas.

Sayur dan buah punya banyak kandungan vitamin dan antioksidan, serta mineral yang membantu mengoksidasi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca: Manfaat Baik dari Aktivitas Memasak untuk Kesehatan Mental

"Konsumsi sayur dan buah mengandung vitamin C,A,E, D berfungsi menjaga imunitas dan tambahan antioksidan, vitamin, dan mineral membantu tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh, yang diharapkan bisa menang dari virus," ungkap dr Inggrid saat diskusi online 'Imboost', Kamis (9/7/2020).

Dr Inggrid menyebutkan memang buah dan sayur punya banyak manfaat, tapi sebaiknya jangan hanya mengandalkan sayur dan buah saja.

Penuhi juga kebutuhan protein, karbohidrat, dan kandungan lemak baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh agar menjadi lebih sehat.

Baca: 5 Manfaat Kunyit Asem untuk Kesehatan, di Antaranya Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

"Untuk menjaga imunitas tidak cukup sayur dan buah saja, ada banyak faktor yang diperlukan protein, karbohidrat itu perlu, lemak perlu, nabati juga perlu," kata dr Inggird.

Terakhir setelah memenuhi kebutuhan nutrisi, lengkapi juga dengan istirahat yang cukup karena istirahat yang cukup membuat tubuh semakin bugar.

"Istirahat cukup, kalau istirahat tidak cukup bisa tumbang juga," kata dr Inggrid.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas