Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Waktu yang Pas Mengajarkan Anak Makan Makanan Padat Sendiri

Metode baby led weaning (BLW) atau anak makan makanan padat sendiri dengan tangannya saat ini sedang populer dilakukan sejak anak mulai mengenal MPASI

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Waktu yang Pas Mengajarkan Anak Makan Makanan Padat Sendiri
TRIBUNNEWS.COM/ANITA K WARDHANI
Ilustrasi makanan bayi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Metode baby led weaning (BLW) atau anak makan makanan padat sendiri dengan tangannya saat ini sedang populer dilakukan sejak anak mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI).

Dokter spesialis anak, dr. Yovita Ananta , SpA menjelaskan tidak masalah kalau mau mengajarkan anak makan dengan tangan dari usia enam bulan, tapi tidak sejak awal masa pemberian MPASI.

"Bisa dari enam bulan tapi tidak dianjurkan di minggu pertama MPASI," ungkap dr. Yovita saat live instagram bersama @healthykidscorner, Selasa (14/7/2020).

Saat seminggu awal MPASI, biarkan anak-anak disuapin dulu makannya sambul mengenal cara makan, proses menelan makanan dengan makanan yang teksturnya lembek.

"Mulai makan yang paling aman, jangan terlalu keras, tapi lumer dimulut misal buah atau tofu yang dikukus," kata dr. Yovita.

Baca: Dicecar Beri MPASI di Usia 4 Bulan, Shandy Aulia Beri Pembelaan hingga Tampar Ibu-Ibu dengan Ini

Baca: Ide Resep MPASI Mudah dan Cepat yang Kaya Zat Besi untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas

Makanan bayi
Makanan bayi ()

Kalau anak sudah mengerti proses makan, baru boleh dengan metode BLW tapi pastikan ukuran dan tekstur makananannya, jangan sampai anak tersedak gara-gara ukuran kebesaran dan susah digigit.

BERITA TERKAIT

"Ukuran jangan terlalu kecil agar menghindari anak tersedak. Kukus dulu makanannya sampai empuk tapi masih bisa dipegang dan gampang hancur saat dikunyah," ucap dr. Yovita.

Tips lainnya saat anak mulai makan, coba satu atau dua kali makan dulu dalam satu hari sambil melihat respons anak dalam proses menelan dan pencernannya apakah sembelit atau tidak.

Kemudian bisa ditambahkan dengan juga dengan pemberian cemilan tapi harus diatur jarak dengan jadwal makan berat dan pemberian ASI supaya makannya tetap lahap.

"Lihat dulu respon anak saat mulai MPASI apakah sudah cukup atau belum, saluran cernanya ada masalah apa enggak, sembellit atau diare. Bisa ditambah snack atau buah, dua kali snack cukup," pungkas dr. Yovita.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas