Tribun Kesehatan

Virus Corona

Jubir Penanggulangan Covid-19 Bantah Thermal Gun Gunakan Sinar Radioaktif dan Merusak Otak

Pancaran sinar inframerah tersebut, menurut Yurianto, setiap saat pasti akan dipantulkan oleh semua benda yang ada di sekitar.

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jubir Penanggulangan Covid-19 Bantah Thermal Gun Gunakan Sinar Radioaktif dan Merusak Otak
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Meko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan diperiksa suhu tubuhnya sebelum rapat dengan Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi tamu maupun pejabat tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan Istana Kepresidenan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah membantah soal kabar yang beredar bahwa thermal gun yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh dapat merusak otak, karena menggunakan sinar radioaktif.

"Secara ilmiah berbagai ahli sudah mengatakan bahwa statement ini tidak benar karena thermal gun hanya mengukur dengan pancaran radiasi sinar inframerah," kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin (20/7/2020).

Pancaran sinar inframerah tersebut, menurut Yurianto, setiap saat pasti akan dipantulkan oleh semua benda yang ada di sekitar.

"Berbagai referensi mengatakan statement yang mengatakan merusak otak, ini adalah statement yang salah dan ini akan membahayakan semua orang dan kemudian justru kontraproduktif untuk mencegah agar penularan tidak terjadi," lanjutnya.

Baca: VIRAL Petugas Commuter Line Salah Pakai Thermal Gun pada Calon Penumpang, Ini Tanggapan PT KCI

Yuri pun meminta masyarakat agar memperbarui informasi soal Covid-19 secara benar.

"Karena itu, jangan mudah terpengaruh statement yang mengatakan bahwa thermal gun berisi pancaran sinar radioaktif, sinar laser yang merusak struktur otak kita. Ini tidak benar," pungkasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas