Tribun Kesehatan

Ibu Menyusui Minum Teh, Kopi dan Makan Sambal, Apakah Pengaruhi Kualitas ASI?

Ibu yang menyusui punya hobi ngopi, ngeteh, atau makan pedas apakah akan berbahaya bagi bayi? Kualitas ASI akan terpengaruh tidak?

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ibu Menyusui Minum Teh, Kopi dan Makan Sambal, Apakah Pengaruhi Kualitas ASI?
Shutterstock
Pemberian ASI eksklusif dan inisiasi menyusui dini (IMD) menjadi langkah yang dapat membantu mencegah risiko terjadinya stunting pada anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu menyusui sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang akan diberikan kepada sang buah hati.

Lalu bagaimana dengan ibu yang menyusui punya  hobi ngopi, ngeteh, atau makan pedas apakah akan berbahaya bagi bayi?

Dokter spesialis anak, dr. Jully Kasie, Sp.A menjelaskan apa yang di makan ibunya pasti akan masuk melalui ASI yang diberikan ibu.

Namun seberapa besar kandungan yang masuk ke ASI samapi saat ini memang belum ada penelitiannya sehingga amannya konsumsi makanan atau minuman sesuai porsinya saja.

Baca: Resep Sate Buntel Kambing dan Sapi: Lengkap dengan Sambal Cocol Pedas, Enak dan Mudah Dibuat

Baca: Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Menyusui dengan Jus Kurma, Semudah Ini Buatnya

"Kopi, teh, sambal dan apa yang dimakan ibu akan sampai ke bayi lewat asi. Seberapa beda kandungan? Belum ada penelitian tapi pasti akan masuk dari ibu ke bayi lewat ASI," ungkap dr. Jully, saat live di Radio Kesehatan, Selasa (4/8/2020).

Semua kembali lagi kepada kejelian ibu, jika merasanya bayinya sensitif atau mudah sakit sebaiknya ibu sangat menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Jangan sampai karena ibu lapar mata anak malah menjadi diare yang bisa menurunkan imunitas si anak, sehingga disarankan ibu memilih makanan yang bernutrisi saja.

"Respons tergantung bayinya ada yang sensitif, ada yang gak sensitif. Ada yang ibunya makan sambal anaknya diare, terutama pada anak sensitif," kata dr. Jully.

"Yang tahu ibunya pas abis makan sambel dan minum kopi bayinya gimana, dibandingkan kalau ibu tidak makan sambal dan minum kopi berlebihan," pungkas dr. Jully.

--

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas