Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pasca Hari Raya, Rumah Sakit Biasanya Penuh Pasien dengan Keluhan Ini

Biasanya makanan berat pada momen ini identik dengan kuah santan, sedangkan kue-kue yang melengkapi perayaan ini memiliki rasa yang manis.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pasca Hari Raya, Rumah Sakit Biasanya Penuh Pasien dengan Keluhan Ini
Kolase sajiansedap.grid.id
resep menu ketupat lebaran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pola konsumsi yang berlebihan saat menyantap hidangan khas Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran bisa menyebabkan munculnya beragam penyakit, mulai dari kolesterol hingga diabetes.

Begitu banyak hidangan khas Lebaran yang disajikan para keluarga dalam momen tersebut.

Biasanya makanan berat pada momen ini identik dengan kuah santan, sedangkan kue-kue yang melengkapi perayaan ini memiliki rasa yang manis.




Namun anda tentu perlu waspada, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak secara berlebihan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastroenterohepatologi RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG mengatakan bahwa hari ketiga setelah Lebaran, biasanya rumah sakit akan disambangi orang yang mengalami gejala penyakit tertentu ataupun penyakit yang kembali kambuh karena pola konsumsi yang berlebihan.

Pasien yang mendatangi rumah sakit ini umumnya mengeluhkan kolesterol yang tinggi, lantaran mengkonsumsi berbagai macam hidangan tanpa pantangan.

"Biasanya pada hari ketiga itu rumah sakit mulai ramai lagi itu pasien yang macam-macam, ada yang stroke, karena itu (puasa) sudah bagus, tiba-tiba dipaksa untuk makan macam-macam dan kolesterolnya tinggi ya," ujar Prof Ari, dalam talk show live Instagram  @rscm.kencana bertajuk 'Antisipasi Penyakit Pasca Lebaran', Senin (10/5/2021) lalu.

BERITA TERKAIT

Kemudian pasien lainnya ada pula yang mengeluhkan gula darahnya yang tiba-tiba melonjak setelah Lebaran.

Padahal ketika bulan Ramadan, gula darahnya bisa dikendalikan karena konsumsi makanan yang dijaga.

Termasuk penyakit asam urat yang juga banyak dikeluhkan pasien yang mendatangi rumah sakit beberapa hari setelah Lebaran.

"Masalah gula juga, sudah terkontrol gula darahnya (saat puasa), kemudian dia mengkonsumsi lagi makanan yang tidak dijaga (saat Lebaran), akhirnya gula darahnya tiba-tiba melonjak tinggi, termasuk juga asam uratnya," kata Orof Ari.

Keluhan lainnya yang sering dilontarkan pasien setelah momen Idul Fitri adalah masalah pencernaan yang kembali kambuh.

Baca juga: Cegah Kolesterol Naik Akibat Hidangan Bersantan saat Lebaran dengan 10 Makanan Ini

"Nah begitupun yang sakit lambung, sakit maag, pencernaan, udah sehat (saat puasa), akhirnya kambuh lagi (setela Lebaran)," pungkas Prof Ari.

Oleh karena itu, untuk menghindari munculnya gejala atau kambuhnya penyakit setelah Lebaran, perlu menerapkan pola konsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas