Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Idul Fitri 2021

Pasca Hari Raya, Rumah Sakit Biasanya Penuh Pasien dengan Keluhan Ini

Biasanya makanan berat pada momen ini identik dengan kuah santan, sedangkan kue-kue yang melengkapi perayaan ini memiliki rasa yang manis.

Pasca Hari Raya, Rumah Sakit Biasanya Penuh Pasien dengan Keluhan Ini
Kolase sajiansedap.grid.id
resep menu ketupat lebaran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pola konsumsi yang berlebihan saat menyantap hidangan khas Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran bisa menyebabkan munculnya beragam penyakit, mulai dari kolesterol hingga diabetes.

Begitu banyak hidangan khas Lebaran yang disajikan para keluarga dalam momen tersebut.

Biasanya makanan berat pada momen ini identik dengan kuah santan, sedangkan kue-kue yang melengkapi perayaan ini memiliki rasa yang manis.

Namun anda tentu perlu waspada, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak secara berlebihan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastroenterohepatologi RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG mengatakan bahwa hari ketiga setelah Lebaran, biasanya rumah sakit akan disambangi orang yang mengalami gejala penyakit tertentu ataupun penyakit yang kembali kambuh karena pola konsumsi yang berlebihan.

Pasien yang mendatangi rumah sakit ini umumnya mengeluhkan kolesterol yang tinggi, lantaran mengkonsumsi berbagai macam hidangan tanpa pantangan.

"Biasanya pada hari ketiga itu rumah sakit mulai ramai lagi itu pasien yang macam-macam, ada yang stroke, karena itu (puasa) sudah bagus, tiba-tiba dipaksa untuk makan macam-macam dan kolesterolnya tinggi ya," ujar Prof Ari, dalam talk show live Instagram  @rscm.kencana bertajuk 'Antisipasi Penyakit Pasca Lebaran', Senin (10/5/2021) lalu.

Kemudian pasien lainnya ada pula yang mengeluhkan gula darahnya yang tiba-tiba melonjak setelah Lebaran.

Padahal ketika bulan Ramadan, gula darahnya bisa dikendalikan karena konsumsi makanan yang dijaga.

Termasuk penyakit asam urat yang juga banyak dikeluhkan pasien yang mendatangi rumah sakit beberapa hari setelah Lebaran.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas