Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

RS Lapangan Surabaya Sukses Tangani Varian Baru Covid-19, Kerahkan Semua Dokter (1)

Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura (RSLKI) Surabaya, berhasil menangani dua pasien yang terpapar covid-19 varian baru.

Editor: cecep burdansyah
zoom-in RS Lapangan Surabaya Sukses Tangani Varian Baru Covid-19, Kerahkan Semua Dokter (1)
Surya/saiful
Wawancara Eksklusif News Director Tribun Network sekaligus Pemred Harian Surya, Febby Mahendra Putra (paling kanan) dengan Kepala RS Lapangan Indrapura (RSKI), Laksma Dr dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara SpB Sp BTKV (kedua kanan), dr Fauqa Arinil Aulia, Sp.P.K. selaku Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI (ketiga kanan) dan Rahardian Jadid, Ketua Relawan Pendamping Program Pendampingan Keluarga Covid-19 (paling kiri) di RS Lapangan Indrapura Surabaya, Kamis (20/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Dua pekerja migran asal Sampang dan Jember terpapar Covid-19 varian baru. Mereka dinyatakan positif sepulang bekerja dari luar negeri saat mudik kemarin.

Keduanya membawa mutan yang terdeteksi sebagai varian dari Inggris  dan Afrika Selatan. Covid varian baru ini dikenal penyebarannya lebih hebat. Tingkat penyebarannya mencapai 75 persen

Dunia kesehatan pun memberi kewaspadaan tinggi pada varian ini.
Teridentifikasi, warga Jember terjangkit virus B.1.1,7 strain UK (Inggris). Sementara warga Sampang teridentifikasi varian B.1.351 strain Afrika Selatan.

Dua pasien itu langsung ditangani khusus di Rumah Sakit  Lapangan Kogabwilhan II Indrapura (RSLKI) Surabaya. Mereka bahkan tidak boleh dicampur dengan pasien covid biasa.

Direktur Pemberitaan Tribun Network/Pemimpin Redaksi Harian Surya Febby Mahendra Putra mewawancarai secara eksklusif Penanggung Jawab RSLKI Surabaya Laksamana Pertama TNI dr IDG Nalendra Djaya Iswara SpB SpBTKV terkait penanganan dua pasien yang terpapar varian baru virus corana.

Berikut hasil wawancaranya.

Dok, bisa dijelaskan sehingga dua varian baru covid itu masuk Jatim?

BERITA TERKAIT

Saat masa mudik beberapa hari kemarin, Satgas penanganan covid telah menetapkan sikap dan langkah SOP atas pemulangan pekerja migran. Setiap mereka yang datang ke Jatim wajib dilakukan swab. Apakah mereka yang dari luar negeri itu terpapar covid termasuk varian baru atau tidak. Dari situlah awal mulanya ditemukan varian baru Covid.

Dari mana tahu varian baru tersebut?

Semua pekerja migran Indonesia (PMI) itu dilakukan tes swab. Bagi yang positif wajib dikarantina dan diisolasi di Asrama Haji Sukolilo. Muncul kekhawatiran bahwa mereka yang positif itu berpotensi membawa mutan covid. Apalagi di Asia Tenggara sudah ditemukan varian baru covid. Begitu juga di India. Kami pun makin waspada.

Apa yang dilakukan sehingga bisa mengetahui covid varian baru yang dibawa PMI?

Setiap pasien yang datang ke RSLI kami lakukan pemeriksaan ulang. Bahan pemeriksaan dikirim juga ke Balitbangkes dan ITB. Hasilnya diperoleh kedua PMI terpapar varian UK dan South Africa.

Setelah keduanya positif membawa virus varian baru, apa langkah selanjutnya?

Kami pun, seluruh dokter spesilias, dokter umum, dan semua perawat di RSLI duduk bersama untuk mencari panduan klinik. Langkah apa yang perlu diambil. Kami pun harus menentukan langkah penatalaksanaan. Kami akhirnya melapor ke gubernur hingga ke BNPB pusat. Kesimpulannya kedua PMI terpapar covid varian baru.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas