Tribun Kesehatan

Virus Corona

Nakes Perlu Edukasi Cara Aman Ibu Menyusui dan Pemberian ASI Eksklusif di Masa Pandemi

Saat ini banyak ibu menyusui yang khawatir tentang keamanan diri dan bayinya jika memberikan ASI eksklusif kepada bayinya di masa pandemi

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Nakes Perlu Edukasi Cara Aman Ibu Menyusui dan Pemberian ASI Eksklusif di Masa Pandemi
Istimewa
Ilustrasi ibu menyusui 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini banyak ibu menyusui yang khawatir tentang keamanan diri dan bayinya jika memberikan ASI eksklusif kepada bayinya di masa pandemi Covid-19.

Mulai dari tentang prosedur Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bagi ibu yang melahirkan di fasilitas kesehatan, lalu prosedur menyusui bagi ibu yang terinfeksi Covid-19.

Begitu juga halnya dengan prosedur menyusui bagi ibu yang memiliki bayi yang positif Covid-19, hingga pertanyaan mengenai apakah vaksinasi bagi ibu menyusui dapat mempengaruhi kualitas ASI mereka.

Di sisi lain, banyak tenaga kesehatan (nakes) yang tidak siap untuk berbagi informasi mengenai prosedur ini, karena terbatasnya pengetahuan mereka terkait hal ini.

Baca juga: CDC Amerika: Vaksin Covid-19 Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia, Bidan Laurensia Lawintono, M.Sc., mengatakan bahwa terkait pentingnya peran nakes untuk mendorong suksesnya proses menyusui, para bidan yang ada di seluruh Indonesia harus mendukung pelaksanaan menyusui di fasyankes maupun klinik.

Baca juga: Tips Aman Vaksinasi Covid-19 untuk Wanita Hamil dan Ibu Menyusui

Ini karena 82,4 persen pelayanan antenatal care diberikan oleh para Bidan.

Menurutnya, jika para ibu menyusui berhasil memberikan ASI eksklusif untuk bayinya karena cukupnya informasi yang diperoleh, maka akan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, ini tentunya menjadi investasi di masa depan.

Baca juga: Perhatikan, Ini Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

"Menyusui adalah salah satu investasi terbaik untuk kelangsungan hidup dan meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial serta ekonomi individu dan bangsa," kata Laurensia, dalam webinar Halo DKT bertajuk 'Busui & Nakes Wajib Tahu : Kupas Tuntas Menyusui di Masa Pandemi', Kamis (12/8/2021).

Dokter Spesialis Anak dan Founder Sentra Laktasi Indonesia, dr. Utami Roesli, Sp.A., IBCLC., FABM, menyampaikan bahwa ada 10 langkah menuju keberhasilan menyusui saat pandemi.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas