Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Butuh Perhatian Khusus untuk Menciptakan Kemudahan Akses untuk Penanganan Bibir Sumbing

Anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing pun berhak untuk mendapatkan senyum mereka

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Butuh Perhatian Khusus untuk Menciptakan Kemudahan Akses untuk Penanganan Bibir Sumbing
Ilustrasi operasi bibir sumbing-Di dunia, setiap hari ada 540 anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan/atau celah langit-langit. Kondisi ini apabila tidak ditangani dapat membawa dampak berkepanjangan bagi fisik maupun psikologi anak 

TRIBUNNEWS.COM, JEMBER  - Di dunia, setiap hari ada 540 anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan/atau celah langit-langit.

Kondisi ini apabila tidak ditangani dapat membawa dampak berkepanjangan bagi fisik maupun psikologi anak.

Bahkan di Jember, rasio angka pasien bibir sumbing mencapai 1:1.000 pada tahun 2019.

"Angka ini mencerminkan bahwa butuh perhatian khusus dan serius agar tercipta kemudahan akses untuk mendapatkan penanganan bibir sumbing secara komprehensif, baik dari sebelum, saat, hingga sesudah operasi," kata dr Ulfa Elfiah M.Kes SpBP-RE(K), Ketua Yayasan Dewi Kasih saat temu media daring bertema Merdeka Senyum dengan Operasi Bibir Sumbing belum lama ini.

Kondisi bibir sumbing dan celah langit-langit adalah salah satu bentuk kelainan daerah kraniofasial (tulang kepala dan tulang wajah) yang ditandai dengan adanya celah pada bibir, gusi, dan langit-langit akibat gangguan fusi (fusion) pada masa kandungan.

Penyebabnya kerap tidak diketahui pasti, namun fokus terpenting adalah penanganannya.

Baca juga: Apakah Perubahan Bibir Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan? Ini Penjelasannya

"Jika tidak segera ditangani, bibir sumbing dapat menyebabkan komplikasi masalah seperti kesulitan makan, bernapas, mendengar, berbicara, serta meningkatnya resiko malnutrisi, dan bahkan gangguan psikologis," kata Kepala UNEJ Medical Center ini.

BERITA REKOMENDASI

Ia mengatakan, masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Timur hendaknya kini makin aware untuk berperan aktif.

Apalagi Smile Train Indonesia kini sudah bermitra dengan banyak pihak untuk menyediakan operasi dan perawatan gratis, sehingga akses pun menjadi lebih luas dan terbuka,” katanya.

Ruth Monalisa, Program Director Smile Train Indonesia mengatakan, anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing pun berhak untuk mendapatkan senyum mereka.

Bibir sumbing atau celah langit-langit mulut bukanlah aib, melainkan kondisi fisik yang sangat bisa diperbaiki.

"Kami di Smile Train bertekad untuk terus membantu menciptakan senyum-senyum berharga dari anak-anak di Indonesia, juga melalui para ahli dari Indonesia," katanya.

Pihaknya bersama dokter ahli bedah serta tenaga medis lokal melalui berbagai pelatihan, untuk memberikan perawatan sumbing, termasuk di Jawa Timur.

Dengan demikian, kami dapat lebih luas menjangkau anak-anak yang belum mendapatkan akses atau informasi perawatan sumbing sumbing gratis.

"Diperlukan tindakan menyeluruh, mulai dari perbaikan gizi sebelum operasi, operasi perbaikan, observasi pasca-operasi, serta tindakan lanjutan seperti terapi wicara dan bimbingan psikologis; untuk memastikan bahwa tumbuh kembang sang anak akan berjalan optimal," katanya.

Baca juga: Badan Akuntabilitas Publik DPD RI Bahas Sengketa Lahan Suku Dayak di Kalimantan Timur

Di Jawa Timur, Smile Train Indonesia telah memberikan lebih dari 15,200 operasi bibir sumbing dan celah langit-langit sejak tahun 2002, bekerjasama dengan 15 mitra rumah sakit Smile Train Indonesia yang berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, Jember, dan Madura.

"Dengan dukungan masyarakat, akan semakin banyak senyum tercipta dan anak-anak kita yang lahir dengan bibir sumbing pun mampu berkontribusi secara produktif di masyarakat serta memiliki masa depan yang lebih cerah,” kata Ruth Monalisa.

Belum genap satu dekade kiprahnya di tanah air, namun hingga hari ini,  Smile Train Indonesia sudah lebih dari 90,000 pasien di seluruh penjuru tanah air, termasuk di Jawa Timur; mendapatkan operasi sumbing gratis yang aman, berkualitas, dan konsisten.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas