Tribun Kesehatan

SIF Menangkan City of Good Award, Kemitraan Lintas Sektornya Capai Dampak Pembangunan Berkelanjutan

Tim SIV bersama mitranya di Indonesia berupaya meningkatkan penyediaan darurat pediari dan layanan neonatus di institusi kesehatan di Jawa Timur.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
SIF Menangkan City of Good Award, Kemitraan Lintas Sektornya Capai Dampak Pembangunan Berkelanjutan
Istimewa
Singapore International Volunteer (SIV) atau Relawan Internasional Singapura (berbaju oranye) bekerja sama dengan rekan dari Indonesia pada saat workshop pelatihan fisik Program Perawatan Darurat & Neonatal Pediatrik di Surabaya, Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama empat tahun, tepatnya bulan Juli 2018 hingga Maret 2021, tim spesialis Singapore International Volunteers (SIV), terdiri dari dokter dan perawat dari KK Women's and Children's Hospital (KKH) di bawah SingHealth dengan mitranya di Indonesia untuk meningkatkan penyediaan darurat pediatri dan pelayanan neonatus di institusi kesehatan masyarakat di Jawa Timur.

Tim SIV melatih tim inti yang terdiri dari 24 pelatih utama Indonesia dan bersama- sama mereka melatih sebanyak 280 praktisi kesehatan Indonesia di tujuh rumah sakit dalam mengelola kedaruratan anak dan bayi yang sensitif terhadap waktu.

Proyek ini memberikan manfaat bagi 50.000 pasien muda setiap tahun, sejalan dengan tujuan nasional Indonesia untuk mengurangi angka kematian bayi dan anak di bawah usia lima tahun.

Sejak pelaksanaannya, program PENC telah menunjukkan hasil positif yang signifikan. RSU Haji Surabaya melaporkan penurunan yang menggembirakan sekitar 70 persen dalam angka kematian bayi, dari 40 kematian per 1.000 kelahiran hidup pada tahun 2017 menjadi 12 pada tahun 2020.

Baca juga: Kenali Sindrom Inflamasi Multisistem Pediatrik pada Anak yang Terinfeksi Covid-19

Baca juga: Kampanye Self-Love untuk Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi

dr. Sasongko, Sp.A. RSU Haji Surabaya, mengatakan, melalui pelatihan dan berbagi pengetahuan yang berharga antara komunitas Singapura dan Indonesia, layanan kesehatannya elah meningkat, seiring dengan kepercayaan publik dan kepuasan pasien.

"Kami berharap dampak positif dari program lintas batas ini akan berkelanjutan untuk waktu yang lama dan akan terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan di Jawa Timur, terutama dalam menurunkan angka kematian bayi,” katanya dalam keterangannya, 

Ms Jean Tan, Direktur Eksekutif SIF mengatakan, kerjasama SIF dengan SingHealth, Pemprov Jawa Timur, dan RSU Haji Surabaya untuk menurunkan angka kematian bayi dan anak di Jawa Timur.

"Relawan Singapura dan mitra Indonesia yang bekerja keras untuk tidak hanya meningkatkan standar perawatan kritis untuk bayi, tetapi juga memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antar masyarakat.

Saya percaya upaya ini akan membawa kami lebih dekat agar menjadi bangsa warga global yang bertanggung jawab, di kota yang baik,” katanya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas