Tribun Kesehatan

Bukan Cuma Lansia, Osteoporosis Bisa Dialami Siapapun, Masuk Kategori Silent Disease

Menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat di masa muda hingga lanjut usia (lansia) tentu sangat penting untuk mencegah munculnya penyakit osteoporosis.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Bukan Cuma Lansia, Osteoporosis Bisa Dialami Siapapun, Masuk Kategori Silent Disease
Shutterstock
Ilustrasi lansia mengalami osteoporosis. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat di masa muda hingga lanjut usia (lansia) tentu sangat penting untuk mencegah munculnya penyakit osteoporosis.

Lalu apa itu osteoporosis?

Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi di Rumah Sakit Eka Hospital, dr. Ricky Edwin Pandapotan Hutapea, Sp.OT(K)., mengatakan osteoporosis merupakan penyakit yang sering kali tidak disadari kemunculan tanda maupun gejalanya.

Penyakit penurunan massa tulang ini pun dapat menyerang siapapun, khususnya kelompok usia dewasa dan lansia.

"Osteoporosis merupakan penyakit penurunan massa tulang yang tersembunyi (silent disease), di mana tanda dan gejalanya tidak disadari," kata dr. Ricky, dalam rilis KALBE Nutritionals yang diterima Tribunnews, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: 5 Manfaat Kesehatan Vitamin B12: Dapat Mendukung Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Ia pun menjelaskan penyakit ini termasuk silent disease karena penderitanya cenderung tidak merasakan gejala sedikitpun.

"Penyakit ini bisa dikatakan 'silent disease' karena pasien biasanya tidak merasakan keluhan apapun, hingga suatu saat bisa terjadi patah tulang hingga penurunan kualitas hidup," jelas dr. Ricky.

Kendati demikian, kata dia, osteoporosis bukan merupakan penyakit yang tidak dapat dicegah maupun ditangani.

Karena penyakit ini tidak akan anda derita, jika disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat.

Anda bisa memulai pola hidup sehat itu melalui cara mengkonsumsi nutrisi dengan gizi seimbang, rajin berolahraga, hingga melakukan pendeteksian dini terkait penyakit ini.

"Namun osteoporosis sebenarnya bisa ditangani melalui pola hidup sehat, konsumsi nutrisi tepat, olah raga yang sesuai serta deteksi sedini mungkin," pungkas dr. Ricky.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas