Tribun Kesehatan

Menkes Jelaskan Enam Transformasi Kesehatan yang Disiapkan untuk Hadapi Pandemi di Masa Depan

Belajar pada pandemi Covid-19, Indonesia menyiapkan enam transformasi bidang kesehatan dalam menghadapi wabah di masa depan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Menkes Jelaskan Enam Transformasi Kesehatan yang Disiapkan untuk Hadapi Pandemi di Masa Depan
BPMI Setpres
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Belajar pada pandemi Covid-19, Indonesia menyiapkan enam transformasi bidang kesehatan dalam menghadapi wabah di masa depan.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 yang disiarkan virtual, Jumat (12/11/2021).

"Setiap pandemi membuka kesempatan bagi bangsa cara untuk memperbarui untuk menyempurnakan sistem kesehatan," ungkap Budi.

Baca juga: Aturan Perjalanan Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19 untuk Semua Moda Transportasi November 2021

Baca juga: Menkes : Ujian Penanganan Covid-19 Ada Saat Libur Nata, Tahun Baru dan Idulfitri

Kementerian Kesehatan sudah mencanangkan enam transformasi kesehatannya yang meliputi :

Pertama adalah transformasi di layanan primer, di mana seluruh Puskesmas maupun klinik yang ada di pelosok Indonesia harus bisa dibantu untuk meningkatkan pelayanan promotif dan preventif.

Kedua, transformasi layanan rujukan untuk meningkatkan keterbukaan atau akses layanan sehingga seluruh rakyat di Inndonesia yang sakit bisa dengan mudah mendapatkan layanan dengan kualitas yang baik tanpa perlu antri lama tanpa perlu pergi ke luar negeri.

Ilustrasi pandemi global akibat Covid-19.
Ilustrasi pandemi global akibat Covid-19. (Freepik)

Ketiga, transformasi dari sistem ketahanan kesehatan Indonesia adalah negara selain dikaruniai sumber daya alam yang banyak tapi juga sering mengalami bencana baik itu bencana alam maupun bencana non alam yang memberikan korban yang cukup banyak.

"Kita harus memiliki sistem kesehatan untuk setiap kali ada bencana, kita selalu siap, kita selalu siaga dan kita selalu bisa melayani rakyat yang menjadi korban dari bencana tersebut," ungkap mantan dirut Bank Mandiri.

Keempat, transformasi di sistem pembiayaan kesehatan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas