Tribun Kesehatan

Kesehatan

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Bantu Bakar Kalori

Berikut ini beragam manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga bantu membakar kalori.

Penulis: Kristina Wulandari
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Manfaat Tertawa bagi Kesehatan: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Bantu Bakar Kalori
Bobo.grid.id
Ilustrasi Tertawa - Berikut ini beragam manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga bantu membakar kalori. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini segudang manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga bantu membakar kalori.

Tertawa adalah ekspresi kebahagiaan yang muncul secara spontan berasal dari dalam diri seseorang tanpa direkayasa.

Misalnya saja saat seseorang berhasil meraih sesuatu, atau berada dalam kondisi terhibur, dia akan tertawa lepas.

Baca juga: Sederet Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Baca juga: 9 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan: Anti Kanker hingga Bantu Turunkan Kolesterol

Dikutip dari promkes.kemkes.go.id, tertawa rupanya tidak sekadar ekspresi emosional sesorang saja, tertawa rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik jasmani maupun mental.

Para ahli bidang kesehatan membenarkan bahwa tertawa dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat.

Ketika seseorang tertawa, ia akan mengalami perubahan fungsi tubuh yang ditandai dengan meregangnya otot-otot pada wajah, secara bersamaan mempercepat tarikan napas yang mana pasokan oksigen lebih banyak untuk disalurkan ke seluruh jaringan tubuh.

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Mengutip dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, berikut manfaat tertawa bagi kesehatan.

1. Tertawa dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Tertawa dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan membantu sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi lebih efektif.

Tertawa dapat meningkatkan kadar saliva immunoglobulin A, yang mana berfungsi sebagai antibodi penting untuk melawan serangan infeksi dan bakteri berbahaya bagi tubuh.

2. Tertawa dapat memperbaiki daya ingat.

Selain meningkatkan sistem imun dan membakar kalori, sebuah studi di Loma Linda University of California Amerika Serikat mengungkapkan bahwa tertawa memperbaiki daya ingat.

Penelitian tersebut melibatkan sekelompok orang dengan beragam usia berbeda.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas