Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

12 Perilaku Bersih dan Sehat Ini Tetap Perlu Dipertahankan Meski Pandemi Covid-19 Selesai

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara keseluruhan telah terbukti efektif juga mencegah penyebaran penyakit menular termasuk Covid-19.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in 12 Perilaku Bersih dan Sehat Ini Tetap Perlu Dipertahankan Meski Pandemi Covid-19 Selesai
Tribunnews/JEPRIMA
Siswa saat mencuci tangan dengan sabun usai mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka di SDN 014 Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jumat (4/2/2022). Pihak sekolah SDN 014 Pondok Labu menggelar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan kapasitas 50 persen dan daring (blended). Hal tersebut sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara keseluruhan telah terbukti efektif juga mencegah penyebaran penyakit menular termasuk Covid-19.

Ada 12 perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat. Perilaku ini sudah seharusnya tidak akan ditinggalkan walau nantinya pandemi ini telah berakhir.

Baca juga: Kepala Dinkes DKI Jakarta Imbau Masyarakat Terapkan PHBS Cegah Hepatitis Akut

1. Mencuci tangan saat:

• Sebelum dan setelah menyiapkan dan hendak makan,

Di masa pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan bersih, salah satunya dengan mencuci tangan sebelum dan melakukan aktifitas seperti yang dilakukan Jasmine Athaila Inji (ila). Menerapkan perilaku hidup sehat ini tidak hanya dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 saja. Namun penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya. Pola hidup bersih dan sehat juga perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu pola hidup sehat yang bisa diajarkan kepada anak yakni untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan berbagai makanan yang kaya nutrisi sehat. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Di masa pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan bersih, salah satunya dengan mencuci tangan sebelum dan melakukan aktifitas seperti yang dilakukan Jasmine Athaila Inji (ila). Menerapkan perilaku hidup sehat ini tidak hanya dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 saja. Namun penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya. Pola hidup bersih dan sehat juga perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu pola hidup sehat yang bisa diajarkan kepada anak yakni untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan berbagai makanan yang kaya nutrisi sehat. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/HERMAWANHANDAKA)

• Setelah bersin atau batuk,

• Setelah menyentuh permukaan benda yang telah disentuh orang lain sebelumnya,

BERITA TERKAIT

• Sebelum dan setelah merawat orang yang sakit (termasuk menyentuh luka),

• Setelah menggunakan toilet,

• Setelah memegang atau memberi makan hewan,

• Setelah menyentuh sampah,

• Ingat, mencuci tangan yang tepat setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir, mencakup mengusap dan menggosok seluruh bagian tangan.

2. Mengenakan masker:

Warga memakai masker saat berada di jalur pedestrian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022). Sejumlah warga menyambut baik kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa masker. Meski demikian, mereka mengaku akan tetap mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan karena masih khawatir dengan paparan Covid-19. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga memakai masker saat berada di jalur pedestrian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022). Sejumlah warga menyambut baik kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa masker. Meski demikian, mereka mengaku akan tetap mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan karena masih khawatir dengan paparan Covid-19. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

• Saat merasa tidak enak Badan atau sakit,

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas