Tribun Kesehatan

Tips Kesehatan

Empat Tips Diet Sehat dan Enak dengan Seimbangkan Nutrisi yang Tepat

Berikut tips simpel dari Alodokter dan Yellow Fit Kitchen untuk menjaga diet sehat dan tetap bugar.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Empat Tips Diet Sehat dan Enak dengan Seimbangkan Nutrisi yang Tepat
Happy Way
Ilustrasi diet. Berikut tips simpel dari Alodokter dan Yellow Fit Kitchen untuk menjaga diet sehat dan tetap bugar. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak sedikit orang yang melakukan diet dengan alasan untuk mengurangi berat badan dan mencapai bentuk tubuh ideal.

Namun nyatanya, alasan seperti itu justru seringkali membuat program diet gagal atau berhenti di tengah jalan.

Memiliki alasan kuat diet secara teratur sangat perlu dimiliki. Di sisi lain, masyarakat kita menyadari bahwa diet sangat sulit untuk diatur ketika sedang sibuk dan jadwal sangat padat.

Masalah utama yang dihadapi generasi usia produktif saat ini dalam menjaga pola makan adalah tidak punya waktu untuk makan siang. Bahkan menghindari makan malam.

Baca juga: Angka Timbangan Turun Saat Diet Belum Tentu Sehat

Perlu diketahui, kebutuhan kalori per hari, dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, usia, dan aktivitas fisik. Rata-rata pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori perhari (10.500 kilojoule).

Sedangkan rata-rata perempuan membutuhkan sekitar 2.000 kalori perhari (8.400 kilojoule).

Sebenarnya ada tips simpel dari Alodokter dan Yellow Fit Kitchen untuk menjaga diet sehat dan tetap bugar.

Pertama, tidak melewatkan sarapan pagi. Padatnya aktivitas yang dilakukan, membuat masyarakat kita melewatkan sarapan. Padahal, sarapan menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas.

Bahkan manfaat dari sarapan pagi juga dapat membantu menekan hawa nafsu makan pada siang hari agar tidak berlebihan dalam satu porsi makan siang.

Baca juga: Amel Carla Kini Langsing, Ini Kisahnya Singkirkan Obesitas, Diet Lalu Mencapai Body Goals

Kedua, banyak mengonsumsi air putih. Pola makan yang sehat belum lengkap tanpa air putih. Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta Melindungi dari dehidrasi.

Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak yang membuat porsi makannya tidak teratur tanpa di sadari.

Ketiga, makan dengan pola teratur dan tepat waktu. Kunci pola makan yang sehat adalah menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Ini berarti perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Selalu cermati jenis makanan, porsi dan waktu makan, serta keamanan kebersihan pangan. Pilih karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang menyehatkan yang di butuhkan tubuh kita.

berita POPULER
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas