Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

9 Cara Merawat Luka Operasi Caesar agar Cepat Pulih, Ibu Wajib Tahu Ya!

Operasi caesar merupakan salah satu metode persalinan yang dilakukan dengan membedah bagian perut dan rahim ibu untuk melahirkan janin di kandungan.

Penulis: Putri Pramestianggraini
zoom-in 9 Cara Merawat Luka Operasi Caesar agar Cepat Pulih, Ibu Wajib Tahu Ya!
health.kompas.com
ilustrasi perawatan luka operasi caesar 

TRIBUNHEALTH.COM - Tentunya sudah tidak asing lagi kita mendengar tentang operasi caesar.

Operasi caesar ialah salah satu metode persalinan yang dilakukan dengan membedah bagian perut dan rahim ibu untuk melahirkan janin yang ada di dalam kandungan.

Setelah menjalankan operasi caesar, ibu wajib memahami cara merawat luka operasi caesar secara tepat, agar pemulihan lebih cepat dan terhidnar dari komplikasi lebih lanjut seperti infeksi.

ilustrasi perawatan luka operasi caesar
ilustrasi perawatan luka operasi caesar (health.kompas.com)

Baca juga: Tak Perlu Kahwatir, 5 Cara Ini Ampuh Mengatasi Jerawat

Cara Merawat Luka Operasi Caesar

Melansir siloamhospitals.com, luka operasi caesar ialah hasil dari sayatan yang dibuat oleh dokter di bagian perut untuk mengeluarkan janin dari dalam rahim.

Luka sayatan ini biasanya memiliki ukuran panjang 10-15 cm. Bila tidak terjadi komplikasi atau infeksi, umumnya luka akan menutup dan puluh dalam waktu kurang lebih 6-8 minggu.

Agar luka sayatan operasi cepat keirng dan tidak menimbulkan kompilasi seperti infeksi, berikut beberapa cara merawat luka operasi caesar yang wajib diperhatikan oleh ibu:

BERITA REKOMENDASI

1. Hindari Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian ketat bisa menyebabkan ibu mudah berkeringat yang berisiko mengenai luka operasi caesar dan menyebabkan iritasi. Pakaian ketat juga berpotensi menimbulkan gesekan dengan luka, sehingga bisa memicu terjadinya peradangan.

Ibu disarankan menggunakan pakaian yang longgar, tidak ketat dan menyerap keringat. Misalnya palaian dari bahan katun agar bisa beraktivitas lebih nyaman.

Baca juga: Orangtua Wajib Pahami 7 Tips Cegah TBC pada Anak-anak

2. Hindari Aktivitas Berat

Setelah operasi caesar, ibu disarankan lebih banyak istirahat dan membatasi aktivitas fisik yang berat agar tidak kelelahan. Pasalnya, melakukan aktivitas yang berlebih bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada ara operasi, sehingga proses pemulihan menajdi lebih lama.

Selain itu, hindari nenvawa beban atau barang berat selama beberapa waktu. Walaupun begitu, ibu tetap harus bergerak untuk mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah (trombosis vena) pada pembuluh darah.

Bila ingin berolahraga, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya dokter akan mengizinkan ibu untuk berolahraga dengan intensitas ringan dengan waktu beberapa minggu pasca operasi caesar.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas