Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Intip Kiprah Lifree Cegah Risiko Luka Dekubitus di Healthcare Expo

Lifree dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk berpartisipasi pada Healthcare Expo 2023 dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang diadakan di Jakarta

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Intip Kiprah Lifree Cegah Risiko Luka Dekubitus di Healthcare Expo
Hasiolan Eko Purwanto Gultom/Tribunnews.com
Lifree dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk berpartisipasi pada Healthcare Expo 2023 dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang diadakan di Jakarta yang diikuti berbagai Rumah Sakit dan Dokter Spesialis Kulit. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lifree dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk berpartisipasi pada Healthcare Expo 2023 dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang diadakan di Jakarta yang diikuti berbagai Rumah Sakit dan Dokter Spesialis Kulit.

Partisipasi di event ini merupakan kelanjutan dari konferensi pers bersama Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk mengumumkan hasil riset bersama Clinical Research Supporting Unit dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI) terkait upaya meminimalisir resiko luka dekubitus di bulan Mei 2023 lalu untuk lebih menyebarluaskan keunggulan Lifree Excretion Care untuk mengurangi resiko luka dekubitus.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di tahun 2023, rasio kejadian luka dekubitus di Indonesia cukup tinggi yaitu lebih dari 30 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan rasio di wilayah lain seperti Asia maupun ASEAN.

Baca juga: Pasien Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Bikin Dana BPJS Kesehatan Terkuras Rp 10,9 Triliun

Apabila tidak ditangani dengan excretion care yang tepat, maka akan ada lebih banyak orang tua yang beresiko terkena luka dekubitus. Oleh karena itu, Lifree bersama dengan CRSU - FKUI melakukan riset bersama terkait permasalahan ini.

Hasilnya, “popok Lifree tipe perekat, maupun 2 Pieces Care yang menggabungkan penggunaan popok tipe perekat dan pad penyerap aman untuk digunakan, dan terbukti memiliki efek yang lebih baik untuk memperbaiki kondisi kulit penggunanya”, dan mendapatkan sertifikasi. Riset terkait tema diatas adalah yang pertama kali di Indonesia, dan bersama dr.Rinadewi Astriningrum., Sp.Kk dari CRSU – FKUI akan membuat jurnal yang rencananya akan dimasukkan ke salah satu portal jurnal Nasional di tahun 2023.

Melalui partisipasi Lifree di Healthcare Expo 2023 pada 26-28 Juli serta Pertemuan Ilmiah Tahunan di tanggal 24-26 Agustus, diharapkan dapat lebih menyebarluaskan hasil riset yang telah dilakukan.

Healthcare Expo salah satu bagian dari acara Seminar Nasional yang meliputi talkshow, seminar serta pameran produk & peralatan medis tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) untuk mendukung Pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi Masyarakat dan diadakan pada 26-28 Juli 2023 di Jakarta/

BERITA REKOMENDASI

Kegiatan ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, serta Ketua Umum ARSSI drg Iing Ichsan Hanafi dan 300 peseerta dari kalangan pemilik & manajemen rumah sakit, komite medis, konsultan, maupun stakeholder lainnya.

Baca juga: Link Format Surat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK 2023: Tenaga Teknis, Kesehatan, dan Guru

Dari sekitar 100 tenant yang berpartisipasi, Lifree memberikan penjelasan & demonstrasi metode 2 Pieces Care, serta membagikan sample ke pengunjung.

Pertemuan Ilmiah Tahunan adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) pada tanggal 24-26 Agustus 2023 di Jakarta. Tahun ini merupakan pergelaran yang ke 19, dengan dihadiri oleh lebih dari 2000 dokter spesialis anggota PERDOSKI. Lifree yang turut berpartisipasi sebagai sponsor, bekerjasama dengan dr.Rinadewi Astriningrum., Sp.Kk dari CRSU-FKUI memberikan presentasi dengan tema “menuju 0 luka dekubitus dengan Lifree excretion care!”.

“Perusahaan kami secara proaktif berkontribusi pada penyelesaian masalah lingkungan dan sosial melalui berbagai kegiatan perusahaan untuk merealisasikan misi kami yaitu masyarakat simbiosis (Social Inclusion). Upaya yang kami lakukan kali ini adalah kolaborasi pertama kalinya di Indonesia antara produsen popok dewasa dari pihak industri dengan akademisi," ujar Presiden Direktur PT Unicharm Indonesia Tbk, Terakawa.

Dia berharap upaya ini tidak hanya berkontribusi pada penyelesaian masalah luka dekubitus saja, tetapi juga dapat memperkuat hubungan baik dengan berbagai Rumah Sakit dan Dokter, agar dapat berkolaborasi untuk mendukung kehidupan orang tua yang sehat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas