Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Alami Tren Peningkatan di Indonesia, Kemenkes dan Takeda Gelar Kegiatan Cegah DBD

Kemenkes juga mendukung pengendalian vektor dengue dengan teknologi nyamuk ber-Wolbachia yang tengah dilakukan pilot project di enam kota.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Alami Tren Peningkatan di Indonesia, Kemenkes dan Takeda Gelar Kegiatan Cegah DBD
Tribunnews.com/Aisyah Nursyamsi
Konferensi pers Pencatatan Rekor MURI dan Diskusi Media “Ngobrol Santai Cegah DBD #Ayo3MplusVaksinDBD” di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia tunjukkan tren peningkatan pada selama 10 tahun terakhir.

Di Indonesia penyakit demam berdarah atau dengue terus menjadi beban penyakit yang signifikan di banyak wilayah. 

Tiga dari empat kematian akibat dengue paling banyak terjadi pada anak usia 0 sampai 14 tahun. 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU ungkap perlunya pencegahan yaitu 3M Plus. 

Hal ini diungkapkan dalam sambutan dalam Pencatatan Rekor MURI dan Diskusi Media “Ngobrol Santai Cegah DBD #Ayo3MplusVaksinDBD” di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

"Strategi (ini) dimulai dengan pelibatan masyarakat khususnya dengan gerakan 3M Plus yaitu Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang barang bekas, serta Mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk," ungkap Budi.

BERITA TERKAIT

Kemenkes juga mendukung pengendalian vektor dengue dengan teknologi nyamuk ber-Wolbachia yang tengah dilakukan pilot project di enam kota.

Yaitu Bali, Bandung, Jakarta, Semarang, Kupang, dan Bontang. Kementerian Kesehatan juga menyambut baik inovasi vaksin dengue yang kini dapat diakses oleh masyarakat luas. 

Sebagai respons terhadap situasi ini, Takeda dalam penanganan DBD bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Perjanjian Kerjasama yang diresmikan tahun ini. 

Takeda berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia untuk melakukan serangkaian kegiatan 

Kolaborasi “Langkah Bersama Cegah DBD” ini mencakup Jalan Sehat, gerai edukasi interaktif, jumpa komunitas, Stand Up Comedy, serta edukasi dengue dengan para pakar.  

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, melibatkan semua orang berkomitmen pada “The First Living Pledge”.

Baca juga: Setiap Orang Bisa Alami DBD hingga Empat kali, Dokter Imbau Lakukan Vaksinasi

Fokus pada pencegahan DBD melalui kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD secara berkelanjutan. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas