Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Sosialisasikan Capaian Kinerja, BPSDM ESDM Ajak Masyarakat Karangasem Kembangkan Potensi

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ESDM) menyelenggarakan Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian ESDM dengan tema Mitigasi Kebencanaan Geo

Sosialisasikan Capaian Kinerja, BPSDM ESDM Ajak Masyarakat Karangasem Kembangkan Potensi
BPSDM
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ESDM) menyelenggarakan Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian ESDM dengan tema Mitigasi Kebencanaan Geologi dan Pendidikan Vokasi Sektor ESDM di Gedung DPRD, Karangasem, Jumat (22/3). 

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ESDM) menyelenggarakan Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian ESDM dengan tema Mitigasi Kebencanaan Geologi dan Pendidikan Vokasi Sektor ESDM di Gedung DPRD, Karangasem, Jumat (22/3).

Selama ini, Karangasem dinilai sebagai daerah yang kering, tetapi yang menjadi perhatian semua adalah bagaimana cara untuk memaksimalkan potensi yang ada. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin terbuka wawasannya dan bisa memajukan perekonomian masyarakat.

Bupati Kabupaten Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan tagline The Spirit of Bali merupakan bukti bahwa masyarakat Karangasem memiliki semangat kebersamaan.

"Dari situ kita bangun kabupaten ini sebagai cikal bakal Bali dan terdapat Gunung Agung sebagai poros dunia," jelasnya.

Wilayah Karangasem yang terletak dekat Gunung Agung yang merupakan gunung berapi aktif, memang rawan bencana tapi juga memiliki potensi alam yang luar biasa. Devy Kamil Syahbana, pengembang aplikasi Magma dari Badan Geologi KESDM mengatakan Indonesia memiliki potensi bencana yang besar, jika memiliki mitigasi bencana yang baik bukan tidak mungkin akan dijadikan percontohan.

Misalnya saja aplikasi Magma yang menjadi aplikasi pertama di dunia yang memberikan informasi mengenai bencana geologi di Indonesia. Aplikasi semacam itu dibuat untuk mempermudah masyarakat mempersiapkan diri menghadapi bencana.

Selain mitigasi bencana, peserta juga mendapat informasi terkait sektor ketenagalistrikan, energi baru terbarukan serta minyak dan gas bumi. Kepala PPSDM KEBTKE, Umi Asngadah, mengatakan peluang untuk siswa SMA atau SMK bekerja di sektor tersebut masih terbuka lebar. Apalagi dengan tumbuhnya sektor energi baru terbarukan.

Begitu pun dengan PEM Akamigas yang terletak di Cepu. Lulusan SMA atau SMK berprestasi dapat memperoleh beasiswa.

"Jangan hanya jadi penonton saja, orang-orang yang punya keahlian akan direkrut," papar Direktur PEM Akamigas, Perry Burhan. Apalagi didukung oleh fasilitas dan dosen yang dimiliki PEM Akamigas. Mahasiswa akan belajar dari ahlinya dan mengikuti kesamaptaan untuk meningkatkan disiplin. Terlebih lagi Presiden Jokowi menekankan untuk mengembangkan pendidikan vokasi.

Untuk itu diharapkan masyarakat Karangasem bisa berlomba-lomba memajukan daerahnya, bisa melalui pendidikan atau sektor lain. Sosialisasi dihadiri oleh pegawai Pemda, perwakilan ormas, guru dan siswa di Karangasem. (*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas