Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ikuti Jejak Susi Pudjiastuti, Menteri KKP Baru Tetap Akan Tenggelamkan Kapal Asing

Edhy Prabowo tampaknya mengikuti sepak terjang Susi Pudjiatuti soal penenggelaman kapal asing yang nekat mencari ikan di laut Indonesia.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Fathul Amanah
zoom-in Ikuti Jejak Susi Pudjiastuti, Menteri KKP Baru Tetap Akan Tenggelamkan Kapal Asing
Kolase Tribunnews.com
Susi Pudjiastuti akhirnya buka suara soal digantinya jabatan Menteri KKP dengan Edhy Prabowo 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo tampaknya mengikuti sepak terjang Susi Pudjiatuti soal penenggelaman kapal asing yang nekat mencari ikan di wilayah laut Indonesia.

Seperti diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, Susi berpesan agar Edhy terus menjaga laut dengan tiga pilar, yaitu kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Tindakan menjaga laut yang Susi maksud adalah dengan mengawal Perpres Nomor 44 Tahun 2016, menanggulangi alat tangkap tidak ramah lingkungan dan menyejahterakan kehidupan nelayan maupun pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan.

"Saya titip Perpres 44 ke Bapak, saya juga titip penanggulangan alat-alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, baik cantrang, bom, dinamit, supaya laut kita terus lestari," kata Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat sertijab dengan Susi Pudjiastuti di Kementerian KP, Jakarta, Rabu (23/10/2019)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat sertijab dengan Susi Pudjiastuti di Kementerian KP, Jakarta, Rabu (23/10/2019) (Dokumentasi Kementerian KP)

Menurut Susi, laut Indonesia perlu dijaga karena laut merupakan satu-satunya sumber protein yang besar sekaligus sumber kehidupan yang mudah diakses oleh kebanyakan rakyat RI.

Edhy pun menangkap ruh pesan Susi Pudjiastuti tersebut, di mana dirinya berujar menenggelamkan kapal merupakan upaya untuk menjaga kedaulatan laut RI.

Baca: Mengenal Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum, Hingga Pernah Nekat Lakukan Percobaan Bunuh Diri

"Oh ya iya dong (tetap melakukan penenggelaman kapal asing). Kan penenggelaman kapal dilakukan untuk menjaga kelautan negara. Kalau kapal begitu (menangkap ilegal) lagi, ya kita tenggelamkan lagi. Kenapa harus takut?" kata Edhy saat menemui nelayan di Muara Angke, Jakarta, Senin (28/10/2019).

BERITA TERKAIT

Dilansir Kompas.com, selain fokus pada penenggelaman kapal asing, Edhy juga memikirkan cara selanjutnya untuk menjaga eksistensi laut Indonesia.

Baca: Presiden Jokowi Telah Kantongi Nama Anggota Wantimpres, Moeldoko: Mayoritas Profesional

Sebab katanya, menjaga laut Indonesia agar terbebas dari serangan mafia pencuri ikan tidak hanya selesai hanya dengan menenggelamkan kapal ikan pencurinya saja.

Masih banyak cara lain yang harus ditempuh usai menenggelamkan kapal-kapal asing, seperti memperkuat internal Kementerian Kelautan dan Perikanan serta memperketat pengawasan laut oleh Satuan Tugas (Satgas) 115.

"Kalau sudah ditenggelamkan kan enggak ada lagi kapal-kapal asing. Masalah selanjutnya adalah tetap menjaga eksistensi laut. Bagaimana caranya? Internalnya diperkuat. Pengawasan lautnya diperketat oleh Satgas 115," ujar Edhy.

Akan Mundur Bila Tak Sanggup

Dilansir Kompas.com, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan dirinya akan mundur bila tidak sanggup menjalankan tugas sebagai Menteri KKP.

Adapun tugas yang dimaksud antara lain memastikan seluruh Anak Buah Kapal (ABK) mendapat asuransi mengingat bahayanya kerja di tengah laut sehari-hari dan menjalin komunikasi dua arah antara kementerian dan nelayan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas