Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pekerja Migran Di Yordania Yang Hilang 13 Tahun Akhirnya Bisa Dipulangkan

Di tengah masa pandemik covid-19, KBRI Amman, Yordania memfasilitasi kepulangan mandiri beberapa WNI dan seorang pekerja migran Indonesia (PMI)

Pekerja Migran Di Yordania Yang Hilang 13 Tahun Akhirnya Bisa Dipulangkan
Kemnaker
KBRI Amman, Yordania memfasilitasi kepulangan mandiri beberapa WNI dan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) kembali ke tanah air. 

TRIBUNNEWS.COM - Di tengah masa pandemik covid-19, KBRI Amman, Yordania memfasilitasi kepulangan mandiri beberapa WNI dan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) kembali ke tanah air.

Seorang pekerja migran Indonesia bernama Fika (36 tahun), warga Subang Jawa Barat, yang dikabarkan selama 13 tahun hilang kontak dengan keluarganya saat bekerja di Yordania, kini telah berhasil dibantu penyelesaian kasusnya dan difasilitasi kembali ke tanah air, dengan penerbangan khusus.

Dubes RI di Amman, Andy Rachmianto menyampaikan kasus ini berawal dari beredarnya video viral di media sosial, yang bersangkutan minta pertolongan bantuan untuk dipulangkan dari rumah majikannya.

Pencarian saudari Fika membutuhkan waktu yang agak lama, karena dalam video singkat yang diunggah Fika, dirinya tidak menyebutkan nama dan lokasi dimana dia berada.

Pada saat yang bersamaan, kontak keluarga Fika di Indonesia juga dicari, dan berhasil dihubungi.

Pihak keluarga memberitahukan akun facebook Fika yang biasa dia gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga secara sembunyi sembunyi.

"Melalui akun tersebut, Tim Satgas KBRI Amman selama lebih dari satu bulan berhasil menghubungi Fika dan mencoba mencari tahu identitas majikan, kata Dubes Andy dalam keterangan pers Biro Humas di Jakarta pada Selasa (21/4/2020).

Majikan akhirnya berhasil dihubungi dan mau datang memenuhi panggilan KBRI.

Pada awal bulan Desember 2019, Fika bersama majikannya datang ke KBRI Amman, dan berhasil membuat kesepakatan bahwa Fika akan dipulangkan pada akhir Desember 2019, dan Fika menyetujuinya.

Dengan berjalannya waktu ternyata majikan ingkar pada janjinya, akhirnya kasusnya dilaporkan pada kepolisian.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas