Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Salurkan Bansos untuk Purnawirawan TNI, Kemensos: untuk Atasi Dampak Pandemi dan Bentuk Penghargaan

Kemensos bermitra dengan FKPPI menyalurkan paket sembako Bantuan Presiden untuk masyarakat di kompleks purnawirawan TNI AU terdampak Covid-19.

Salurkan Bansos untuk Purnawirawan TNI, Kemensos: untuk Atasi Dampak Pandemi dan Bentuk Penghargaan
dok. Kemensos
Mewakili Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyerahkan secara simbolik 256 paket sembako Bantuan Presiden di Kompleks Purnawirawan TNI-AU Bumi Dirgantara Permai, Kelurahan Jati Sari, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Sosial bermitra dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI) menyalurkan paket sembako Bantuan Presiden untuk masyarakat di kompleks purnawirawan TNI AU terdampak Covid-19. Selain untuk mengurangi beban kebutuhan hidup masyarakat, Bansos Sembako juga bentuk penghargaan negara kepada keluarga pahlawan.

Mewakili Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyatakan, bantuan sosial (bansos) merupakan bagian dari langkah-langkah Kementerian Sosial mengurang beban ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.

“Yang saat ini diterima bapak-ibu, merupakan bansos non reguler berupa paket sembako Bantuan Presiden. Bansos non reguler atau bansos khusus lainnya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST). Dua-duanya saat ini sedang terus dipercepat penyalurannya sesuai dengan periode penyaluran tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni,” kata Edi Suharto (25/06).

Kemensos menyerahkan secara simbolik 256 paket sembako Bantuan Presiden di Kompleks Purnawirawan TNI-AU Bumi Dirgantara Permai, Kelurahan Jati Sari, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi. Sebanyak 106 paket untuk masyarakat di kompleks ini, dan sisanya untuk tiga kompleks TNI-Polri lainnya.

Mengutip pernyataan Mensos Juliari di beberapa kesempatan, Edi menyatakan, tantangan yang harus dihadapi negara tidaklah sederhana, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kemitraan pemerintah dengan masyarakat – termasuk ormas, sangat diperlukan dalam menangani berbagai masalah bangsa. Dalam masa pandemi, Kemensos menggandeng FKPPI yang merupakan ormas dengan jangkauan luas dan juga dikenal memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, sehingga merupakan mitra strategis pemerintah.

Edi mengatakan, seperti kita lihat, ternyata dampak corona berantai dan luas, menyentuh hampir semua elemen masyarakat. “Sehingga Kemensos berupaya, memperluas jangkauan penerima bansos. Termasuk pemerintah perlu memperkuat kemitraan dengan elemen bangsa lainnya,” katanya.

Menurut Edi, Mensos Juliari terus mengakselerasi penyaluran bansos dengan bermitra dengan komunitas. Komunitas yang sudah digandeng Kemensos adalah Gerakan Pemuda Ansor, Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), pondok pesantren dan sebagainya.

“Kemitraan dengan komunitas merupakan wujud dari upaya Kemensos menjaring semua elemen masyarakat yang mungkin belum tersentuh oleh bantuan,” kata Edi mengutip pernyataan Mensos.

Dalam kesempatan sama, mewakil Keluarga Besar FKPPI sekaligus hadir sebagai Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, penerima manfaat Banpres adalah 4 kompleks purnawirawan.

“Ini merupakan upaya pemerintah membantu masyarakat dalam hal ini keluarga besar para pahlawan. Jadi bantuan ini tidak sekedar terkait dengan upaya mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi, namun juga bentuk penghargaan negara kepada keluarga pahlawan,” kata Agus.

Bansos Sembako Bantuan Presiden menjangkau 1,9 juta keluarga (KK) di Jakarta dan Bodetabek dengan nilai Rp600.000/KK/bulan -- disalurkan sebulan dua kali. Selain itu, Kemensos juga menyalurkan Bansos Tunai (BST) untuk masyarakat di luar Jabodetabek dengan nilai sama. Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang penyaluran Bansos Sembako dan BST dari Juli sampai Desember 2020, dengan nilai bantuan sebesar Rp300.000/KK/bulan. (*)

Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas