Tribun

Kemensos Matangkan Opsi Penyaluran Bansos untuk TIngkatkan Realisasi Anggaran

Mensos: akselerasi realisasi anggaran harus tetap memperhatikan asas akuntabilitas dan ketepatan sasaran.

Editor: Content Writer
Kemensos Matangkan Opsi Penyaluran Bansos untuk TIngkatkan Realisasi Anggaran
Kemensos
Menteri Sosial Juliari P. Batubara memastikan jajarannya memperhatikan dengan sungguh-sungguh arahan Presiden Joko Widodo, khususnya terkait percepatan realisasi anggaran. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara memastikan jajarannya memperhatikan sungguh-sungguh arahan presiden, khususnya terkait percepatan realisasi anggaran.

Mensos Juliari menekankan akselerasi realisasi anggaran harus tetap memperhatikan asas akuntabilitas dan ketepatan sasaran.

Ia pun menyatakan Kemensos terus mematangkan berbagai opsi untuk mempercepat realisasi anggaran. Hal ini, merupakan bagian dari penyempurnaan distribusi bantuan sosial (bansos) gelombang II, yakni pada Juli-Desember 2020.

Baca: Kemensos Dinilai Jadi Kementerian Paling Tanggap Hadapi Covid-19

Mensos Juliari menyatakan, salah satu opsi yang sedang dimatangkan adalah sejauh mana dimungkinkan untuk menyalurkan dua kali dalam sekali penyaluran.

Pematangan berbagai opsi ini tidak lepas dari kesadaran adanya sifat extraordinary, agar masyarakat terdampak segera mendapat bantuan.

Di lain pihak, prinsip ketepatan sasaran bansos juga menjadi perhatian penting.

“Tentu saja dalam proses itu, kami perlu berkoordinasi dengan mitra kami, misalnya dalam hal ini, PT Pos Indonesia,” kata Mensos usai menjadi pembicara kunci dalam acara Rapat Koordinasi Evaluasi Tengah Tahun (Semester I) dan Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 Kemensos RI, di Jakarta (21/7/2020).

Baca: Produksi Tas Bansos Sembako Kemensos Serap 30 Ribu Tenaga Kerja

Anggaran Kemensos RI mengalami peningkatan signifikan sejalan dengan penugasan khusus terkait dengan penanganan dampak Covid-19. Dari anggaran tahun 2020 sebesar Rp 62.767.643.594.000, anggaran Kemensos naik menjadi Rp 104.453.849.680.000.

Terakhir diketahui, angga5a kembali mendapat tambahan menjadi total Rp 124.76.919.106.000.

Sejauh ini, data pada aplikasi berbasis daring Online Monitoring-Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (Om-SPAN) realisasi tertinggi anggaran Kemensos mencapai 63,4 persen, pada 14 Juli 2020.

berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas