Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kapal Patroli KPLP KN. Rantos Evakuasi Kapal Tiongkok yang Kandas di Perairan Takong

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan PLP Tanjung Uban membantu pengamanan dan penyelamatan sebuah kapal asing.

Kapal Patroli KPLP KN. Rantos Evakuasi Kapal Tiongkok yang Kandas di Perairan Takong
dok. Kemenhub

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan PLP Tanjung Uban membantu pengamanan dan penyelamatan sebuah kapal asing berbendera Tiongkok yang kandas di perairan Takong Kepulauan Riau kemarin (5/11).

Menurut Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Capt Handry Sulfian kapal yang mengalami insiden tersebut adalah kapal Lu Rong Yuan Yu 988 yang mengalami kandas pada posisi Gps  01-06-669 N / 103-41-290 E di perairan Takong, Kepulauan Riau.

“Kapal Lu Rong Yuan Yu 988 berangkat dari Tiongkok dengan tujuan Argentina. Kapal ini sempat singgah di Singapura untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM). Kapal ini diwakil oleh 19 orang kru ABK terdiri 3 (tiga) orang berasal dari WNI dan 16 orang berasal dari warga negara Tiongkok,” kata Capt. Handry.

Menurut Capt Handry Sulfian, kandasnya kapal Lu Rong Yuan Yu 988 diketahui oleh Tim Patroli PLP Tanjung Uban, tepatnya pada hari Kamis malam (5/11).

“Kapal sempat transit di Singapura untuk isi BBM,” ujarnya.

Guna memastikan kejadian insiden ini, pihaknya langsung memerintahkan Kapal Patroli KN Rantos P 210 untuk mengecek ke lokasi kandasnya kapal tersebut.

“KN. Rantos langsung bergerak malam itu juga untuk mengecek secara langsung ke lokasi kandasnya kapal dimaksud,. Pihak Pangkalan PLP Tanjung Uban melalui KN Rantos juga melakukan berkoordinasi langsung dengan VTS Batam lewat radio VHF pada CH 16 & 84 guna memastikan lokasi kapal yang kandas,” ujarnya.

Menurut Capt Handry, Tim Pemeriksa boat KN.Rantos P.210 langsung diturunkan guna melakukan investigasi lebih lanjut. Dari hasil investigasi ke lokasi kejadian tersebut, diketahui koordinat posisi kapal Lu Rong Yuan Yu 988 mengalami kandas pada posisi 01-06-669 N / 103-41-290 E di perairan Takong, sekitar perairan Nipah.

“Dokumen kapal ini sempet diamankan oleh petugas di KN. Rantos. Dan pada jumat siang (6/11) sekitar pukul 10.00 waktu setempat akhirnya kapal ini Lu Rong Yuan Yu 988 bisa lepas dari kandas dan bisa melanjutkan pelayaran kembali dengan tujuan negara Argentina,” tutup Capt Handry.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas