Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kunjungi Flores Timur dan Lembata, Menteri Johnny: Bencana Tak Hambat Bangun Infrastruktur TIK

Mengenai BTS BAKTI Kominfo, Menteri Johnny menyatakan sudah pulih sebagian besar setelah ada pasokan listrik dari genset.

Kunjungi Flores Timur dan Lembata, Menteri Johnny: Bencana Tak Hambat Bangun Infrastruktur TIK
Istimewa
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Kabupaten Flores Timur dan Lembata, Nusa Tenggara Timur, Senin (12/04/2021) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Kabupaten Flores Timur dan Lembata, Nusa Tenggara Timur, Senin (12/04/2021) untuk memantau jaringan dan layanan jaringan telekomunikasi dan internet di daerah yang minggu lalu mengalami musibah bencana alam dan tanah longsor. Selain itu, Menkominfo juga meninjau distribusi bantuan yang telah dikirimkan minggu lalu.

Menteri Johnny menegaskan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan tetap berlanjut.

"Kedatangan saya juga untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur TIK tetap dapat berlangsung, termasuk di NTT. Kejadian ini tidak menghentikan upaya kita tersebut, bahkan mendorong untuk lebih fokus membangun," tegas Menteri Johnny di Posko Selandoro, Pulau Lembata, Senin (12/04/2021).

Menurut Menkominfo, Pemerintah terus bangun infrastruktur TIK untu mempercepat transformasi digital di Indonesia.

"Pada tahun 2021 akan kita bangun 421 BTS 4G di NTT, dalam rangka untuk terus mendorong transformasi digital," tandasnya.

Hingga tahun ini, Kementerian Kominfo menyediakan 1333 akses internet di NTT. "130 di antaranya masih down karena masalah catu daya. Dalam situasi seperti ini BAKTI merelokasi beberapa akses internet ke daerah-daerah terdampak untuk memprioritaskan koordinasi tanggap bencana," paparnya.

Menteri Johnny mendarat di Larantuka dan melanjutkan kunjungan ke helikopter menuju ke Desa Nellelamadika, Kecamatan Ile Boleng di Adonara Timur. Di tempat itu, Menkominfo memantau dampak banjir dan tanah longsor serta berdialog dengan pengungsi.

Perjalanan Menteri Johnny berlanjut ke Pulau Lembata. Di tempat itu, Menkominfo mengunjungi Posko Selandoro dan Kantor Desa Lewoleba. Dalam kunjungan tersebut, Menkominfo didampingi oleh Direktur BAKTI, Anang Latif dan Bupati Flores Timur, Anton Hadjon.

Dukungan penanganan bencana

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo telah mengirimkan tim untuk merelokasi akses internet perangkat satelit (VSAT) di lokasi pengungsian di Lembata dan Flores Timur. VSAT menyediakan akses internet agar memudahkan koordinasi dan komunikasi masyarakat terdampak banjir besar dan juga para relawan, aparat, dan pemerintah daerah.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas