Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aksi Cepat KSOP Pontianak Selamatkan ABK KM Sinar Bontang I yang Mati Mesin

Kemenhub cq Dirjen Hubla melalui KSOP Kelas II Pontianak melakukan operasi SAR penyelamatan ABK KM Sinar Bontang I, Sabtu (22/5).

Aksi Cepat KSOP Pontianak Selamatkan ABK KM Sinar Bontang I yang Mati Mesin
Kemenhub
Anak Buah Kapal KM Sinar Bontang I mengalami insiden mati mesin di wilayan perairan Muara Jungkat pada Sabtu malam (22/5). 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalu Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pontianak melakukan operasi SAR penyelamatan Anak Buah Kapal (ABK) KM Sinar Bontang I. Kapal tersebut mengalami insiden mati mesin di wilayan perairan Muara Jungkat Sabtu (22/5) malam.

Kepala KSOP Kelas II Pontianak, Aprianus Hangki mengungkapkan laporan diterima dari Petugas KBPP (Keselamatan Berlayar Patroli dan Penjagaan) tadi malam pada pukul 20.06 LT (Local Time). Diketahui kapal tersebut berlayar dari rute Sampit tujuan Pontianak dengan membawa muatan karet.

“Menerima informasi dari perwira jaga KBPP terkait laporan kapal KM Sinar Bontang mengalami mati mesin dan mau tenggelam di perairan Tg. Putus,” katanya, Minggu (23/5).

Selanjutnya, tim KBPP mengerahkan kapal patroli Kesataun Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yaitu KNP 341 meluncur langsung ke lokasi.

“Kasi KBPP Eka Ariandi juga langsung menghubungi keagenan kapal untuk di wilayah pontianak PT. Kareso Jaya. Informasi yang didapatkan di atas kapal tersebut ada 8 orang ABK,” ungkapnya.

Setelah itu, Tim KBPP menginformasikan insiden tersebut kepada seluruh stakeholder terkait di wilayah kerja yang yang mendekati lokasi untuk melaksanakan koordinasi evakuasi.

Sementara itu, kapal SAR dan kapal KNP. KPLP 341 sedang menuju bergerak ke TKP untuk melaksanakan pertolongan dan pencarian terkait insiden tersebut.

“Pukul 23.20 LT dilaporkan 8 ABK telah ditemukan oleh TIM SAR korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan selanjutnya dievakuasi menuju KSOP Pontianak untuk diserahkan kepada PT Kareso Jaya,” tutupnya.(*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas