Tribun

Bertekad Jadi Rujukan Kementerian Lain, Kemnaker Terus Komitmen Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Kementerian Ketenagakerjaan terus berkomitmen untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan untuk nantinya bisa dijadikan rujukan bagi kementerian lain

Editor: Content Writer
zoom-in Bertekad Jadi Rujukan Kementerian Lain, Kemnaker Terus Komitmen Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan
Istimewa
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat memberikan arahan secara virtual pada acara Pasker.ID, Jumat (3/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Ketenagakerjaan terus berkomitmen untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan yang ada di lingkungannya. Dengan begitu, Kemnaker dapat menjadi rujukan bagi kementerian lainnya.

"Dengan terus memperbaiki tata kelola pemerintahan, Kemnaker akan menjadi lebih baik, lebih unggul, bahkan bisa menjadi rujukan kementerian lain," kata Sekjen Anwar saat memberikan arahan secara virtual pada acara Pasker.ID, Jumat (3/6/2022).

Sekjen Anwar mengatakan, tata kelola pemerintahan yang perlu terus dilakukan perbaikan, yakni meliputi tata kelola keuangan, SDM, program, dan aset negara.

"Kita tidak boleh lelah untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan yang ada di Pasker.ID khususnya dan Kemnaker umumnya," ucapnya.

Pertama, tata kelola keuangan. Menurutnya, dalam hal tata kelola keuangan masih terus dilakukan pembenahan untuk menuju tata kelola yang mencerminkan aspek-aspek kebaikan, seperti terkait penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan standar pemerintah.

Kedua, tata kelola SDM. Ia mengatakan, tata kelola SDM terkait di lingkungan Kemnaker terkait integritasnya harus terus diperkuat dan kapasitas SDM harus terus ditingkatkan.

"Kita terus mendorong agar SDM di Kemnaker bukan hanya memiliki integritas yang tinggi, tapi juga kapasitasnya meningkat," ucapnya.

Ketiga, tata kelola program. Terkait ini, katanya, semua program harus mencerminkan kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

Keempat, tata kelola aset. Ia mengatakan, tata kelola aset harus dilakukan sedari dini agar tidak menjadi persoalan yang di masa yang akan datang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas